PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI ELLADERMA SKIN CARE MALANG

Main Article Content

NOVI WAHYU W

Abstract

Abstrak: Perkembangan masyarakat serta aktivitas masyarakat yang tinggi terutama diwilayah perkotaan untuk saat ini menyebabkan parapelaku bisnis memanfaatkan peluang tersebut dengan mendirikan berbagai macam bisnis baru sebagai alternatife bagi para konsumennya. Salah satu sector yang menjadi trend dikalangan wanita khususnya, yaitu berkembangnya berbagai macam klinik kecantikan yang menawarkan berbagai macam perawatan, baik untuk jasa perawatan maupun produk perawatan kulit, sehingga pelaku bisnis memanfaatkan hal tersebut dengan mendirikan klinik kecantikan, pelaku bisnis melakukan berbagai cara untuk menarik konsumen mau membeli produk dan melakukan tindakan pelayanan yang ditawarkan pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, harga terhadap kepuasan konsumen, dan kualiatas layanan terhadap kepuasan konsumen secara parsial dan pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas layanan secara simultan terhadap kepuasan konsumen Penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif tipe kausal sebab akibat sebab akibat populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Elladerma Skin Care Malang sebanyak 150, sampel penelitian sebanyak 100 konsumen diambil secara simple random sampling. Analisa data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian secara parsial di dapat kualitas produk t-hitung sebesar 2,67 terhadap kepuasan konsumen, harga t-hitung 2,425 terhadap kepuasan konsumen  dan kualitas layanan dengan t-hitung 4,061 terhadap kepuasan konsumen, menunjukkan masing-masing variabel berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Kualitas layanan berpengaruh yang dominan 4,061 dibandingkan kualitas produk dan harga dan secara simultan F hitung sebesar 35,483 menunjukkan bahwa kualitas produk, harga dan kualitas layanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada klinik Elladerma Skin care..


Kata Kunci: Produk, Harga, Layanan, Kepuasan konsumen dan klinik kecantikan.


 


Abstract: The development of society and their high activity, mainly in urbane region, at this moment, leads businessman takes advantage of that opportunity by founding many variety of new business as alternative for the consumers. One sector which is being trend within women community is development of many varieties of beauty clinics that offer many kinds of treatments, for treatment service or skin care product, therefore businessman used that things by founding beauty clinic. Businessman conducting many methods to attract consumers to buy products and performing treatment services offered. This research aimed to analyze how significant the effect of product quality toward consumer satisfaction, price toward consumer satisfaction, and service quality toward consumer satisfaction partially and simultaneously toward consumer satisfaction. This research is associative research type of causality. The population in this research are consumers of Elladerma Skin Care Malang as many as 150. Research samples were 100 consumers selected by simple random sampling. The independent variables are product quality (X1), price (X2), service quality (X3), and the dependent variable is consumer satisfaction. Data analysis was using multi linear regression.  Result of this research partially obtained that tscore of product quality is 2.67 toward consumer satisfaction, tscore of price is 2.425 toward consumer satisfaction, and tscore of service quality is 4.061 toward consumer satisfaction. Service quality has highest effect than product quality and price. Simultaneously Fscore 35.483 shows that product quality, price, and service quality together affected on consumer satisfaction at Elladerma Skin Care clinin.


Keywords: product, price, service, consumer satisfaction, and beauty clinic.

Article Details

Section
Articles