PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PENGUASAAN PENGETAHUAN SPA DI  SMKN 3 KEDIRI

Main Article Content

LAILLA FATMA FAUZIAH

Abstract

Abstrak: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan model pembelajaran yang menekankan pada kerja tim, skor perbaikan individu, kuis untuk meningkatkan hasil belajar, dan pemberian penghargaan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui 1) keterlaksanaan sintaks, 2) aktivitas siswa, 3) penguasaan pengetahuan spa, 4) respon siswa. Jenis penelitian ini adalah Pre experiment dengan desain One group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X tata kecantikan rambut 1 di SMK Negeri 3 Kediri sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata, uji-t dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan 1) keterlaksanaan sintaks pada pertemuan pertama dan kedua mencapai nilai rata-rata sebesar 3,6 dan 3,9 dengan kategori sangat baik. 2) Aktivitas siswa pada pertemuan pertama dan kedua mencapai 82,1% - 100% dengan kategori sangat baik. 3) Penguasaan pengetahuan spa  pada ranah kognitif terjadi peningkatan dari nilai pretest (61,4) meningkat pada posttest (83,9). Hasil uji t 16,782 dengan taraf signifikansi 0,000 <0,05. 4) Respon siswa mencapai persentase terendah sebesar 82,1% dan persentase tertinggi sebesar 100% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap penguasaan pengetahuan spa di SMK Negeri 3 Kediri.


Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Spa.


 


 


Abstract: STAD cooperative learning model is a learning model that emphasizes teamwork, individual improvement scores, quizzes to improve learning outcomes, and awards. The purpose of the study was to determine 1) syntax of learning , 2) activities of students, 3) the acquisition of knowledge of students, 4) student response. This type of research is pre experiment with design One group pretest-posttest design. The subjects were students of class X hairstyling 1 in SMK Negeri 3 Kediri many as 28 students. Methods of data collection using observation and tests. The data analysis using t-test. The results showed 1) keterlaksanaan syntax at the first meeting and the second reaches an average value of 3.6 and 3.9 with excellent ratings category. 2) Activity student at the first meeting and the second reached 82.1% - 100% with very good category. 3) The control of knowledge of students on the cognitive an increase of value (61.4) pretest increased to (83.9) posttest with 16.782 t test with significance level of 0.000 <0.05. 4) The response of students achieve the overall average of 95% with the criteria very well. Based on the results of this study concluded that there are significant cooperative learning model STAD towards knowledge acquisition spa at SMK Negeri 3 Kediri.


Keywords: Cooperative Learning Model STAD, Spa.

Article Details

Section
Articles