PENINGKATAN KETERAMPILAN TATA RIAS TARI GANDRUNG  MELALUI  PELATIHAN DI  SMAN 2 TANGGUL KABUPATEN JEMBER

Main Article Content

Dhea Ayu Permata Sari H.

Abstract

Abstrak


Pelatihan tata rias tari gandrung di berikan pada anggota ekstrakulikuler  tari SMAN 2 Tanggul untuk meningkatkan keterampilan tata rias yang di gunakan untuk pementasan tari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keterlaksanaan pelatihan  tata rias tari gandrung, 2) aktifitas peserta pelatihan tata rias tari gandrung, 3)  hasil peningkatan keterampilan tata rias tari gandrung, 4) respon peserta pada pelatihan tat arias tari gandrung. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan rancangan penelitian pretest dan posttest group design. Data yang didapat berupa hasil keterlaksanaan pelatihan, aktifitas peserta pelatihan, hasil pretest dan posttest peningkatan  keterampilan tata rias tari gandrung  dan respon peserta pelatihan. Subyek penelitian adalah 20 orang anggota ekstrakulikuler tari SMAN 2 Tanggul. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes kinerja dan angket. Metode analisis menggunakan rata-rata untuk pengelolaan pelatihan dan aktifitas peserta,  hasil pelatihan menggunakan uji t dan respon peserta menggunakan presentase. Berdasarkan hasil analisis data keterlaksaan pelatihan tata rias tari gandrung memperoleh kriteria sangat baik dengan rata-rata 4,7. Aktifitas peserta pelatihan memperoleh penilaian dengan kriteria baik dengan rata-rata- rata 4.05. Data hasil tata rias tari gandrung yang di peroleh dari nilai pretest dan posttest menunjukan perbedaan yang sangat signifikan dengan nilai pretest 24,4 dan postetst 38.25 sehingga  terdapat peningkatan keterampilan tata rias tari gandrung setelah di lakukan pelatihan  dengan  metode demonstrasi dan panduan hand out serta job sheet. Respon peserta  terhadap pelatihan keterampilan tata rias tari gandrung menujukan presentase rata-rata sebesar 100% dengan kriteria sangat baik.


Kata Kunci : Pelatihan,  Tata Rias Tari Gandrung


Abstract


The training of gandrung dance makeup was given to members of dance extracurricular in SMAN 2 Tanggul to improve their makeup skill which will be used for dance exhibition. This research aimed to know: 1) the realization of gandrung dance makeup training, 2) the activity of gandrung dance makeup trainee, 3) the result of gandrung dance makeup skill improvement, 4) trainee response toward makeup training. This research was pre-experimental research with pretest and posttest design. Data obtained were training realization, trainee activity, pretest and posttest result of gandrung makeup skill improvement, and trainee response. Research subject were 20 members of dance extracurricular in SMAN 2 Tanggul. Data collecting method used were observation, performance test, and questionnaire. The analysis method used were mean for training management and trainee activity, t-test for training result, and percentage for trainee response.Based on data analysis result, the realization of gandrung dance makeup training obtained very good criteria with mean 4.7. Trainee activity obtained valuation in good criteria with mean 4.05. Result of gandrung dance makeup obtained from pretest and posttest shows very significant differences where pretest score 24.4 and posttest score 38.25, then there was improvement of gandrung dance makeup skill after conducted training with demonstration method, handout guidance, and job sheet. The trainee response toward the training of gandrung dance makeup skill shows mean percentage 100% with very good criteria.


Keywords: Training, Gandrung Dance Makeup

Article Details

Section
Articles