PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENATAAN SANGGUL MODIFIKASI CIWIDEY DI SMK NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO

Main Article Content

NUR ZAHROTUL LAILIYAH

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan sintaks pembelajaran langsung selama proses belajar mengajar dalam kompetensi melakukan penataan sanggul modifikasi ciwidey, aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan respon siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdapat 4 tahap, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi. Penelitian ini menerapkan sintaks model pembelajaran langsung pada 22 siswa SMKN 1 Sooko Mojokerto. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan observasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran langsung, aktivitas siswa, tes hasil belajar, dan angket respon siswa. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan nilai keterlaksanaan sintaks pembelajaran langsung sebesar 2,41, aktivitas siswa sebesar 85,36%, ketuntasan hasil belajar sebesar 82%. Pada siklus ke II rata-rata keterlaksanaan sintaks pembelajaran langsung meningkat menjadi 3,25, aktivitas siswa 94,07%, hasil belajar siswa meningkat menjadi 100%. Sedangkan respon siswa secara keseluruhan mencapai 100% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu keterlaksanaan sintakas pengelolaan pembelajaran langsung meningkat sebesar 0,84, aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 8,71%. Hasil belajar seluruh siswa mengalami peningkatan sebesar 18%, dan hasil respon siswa menyatakan 100% dengan kriteria sangat baik.


Kata kunci: Model pembelajaran langsung, PTK, sanggul modifikasi ciwidey


 


 


Abstract: The aims of this research are knowing the practical of direct instruction syntax during learning process in competence of Ciwidey modification’s bun arrangement, students activities, learning outcomes of students, and student’s responses. This research is the Classroom Action Research that consists of two cycles. Each cycle consists of 4 steps, are planning, action, observing, and reflection. This research implements the syntax of direct instruction’s learning model that is tried out at 22 students of vocational high school 1 Mojokerto. In the fisrt of research’s result are the score of learning syntax practical obtains score 2.41, studentt activities obtains 85,36%, learning outcomes completeness 82%. Then in second cycle the score of learning syntax practical obtains score 3,25,  Student’s activities obtains 94,07%, increased to 94.07%, learning outcomes completeness 100%.  While, overall of the student’s responses obtain 100% as very good category. Based on the research, can be concluded there are increment from first cycle to second cycle at the practical of direct instruction syntax during learning process increased 0,84, the increment of student’s activities increased 8,71%,.The learning aim of all students undergo increased 18%  and the student’s responses are 100% as good category.


   Keywords: Direct Instruction Model, Classroom Action Research, Ciwidey’s modification bun

Article Details

Section
Articles