PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI KONSUMEN REMAJA DALAM PEMILIHAN JENIS PERAWATAN WAJAH DI NANISA BEAUTY & DENTAL CLINIC SIDOARJO

Main Article Content

Shofiana Mauliya

Abstract

Abstrak


Ragam perawatan wajah semakin menarik minat remaja saat ini. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya remaja yang mengunjungi salon-salon maupun klinik kecantikan untuk melakukan perawatan wajah. Namun, pemilihan perawatan wajah tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan kulit mereka karena para remaja cenderung terpengaruh trend. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pengaruh minat remaja terhadap pemilihan jenis perawatan wajah, pengaruh motivasi remaja terhadap pemilihan jenis perawatan wajah, dan pengaruh minat dan motivasi remaja terhadap pemilihan perawatan wajah di Nanisa Beauty & Dental Clinic. Jenis penelitian ini termasuk asosiatif kausal (sebab akibat). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah minat dan motivasi, sedangkan variabel terikat adalah pemilihan jenis perawatan wajah. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung remaja di Nanisa Beauty & Dental Clinic yang melakukan perawatan wajah, sampel penelitian sebanyak 134 responden diambil secara simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan analisa data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pemilihan jenis perawatan wajah sebesar 4,232, motivasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pemilihan jenis perawatan wajah sebesar 4,791. Minat dan motivasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pemilihan jenis perawatan wajah pada konsumen remaja di Nanisa Beauty & Dental Clinic berdasarkan dari F-hitung yaitu 54,497 dengan tingkat signifikansi 0,000 kurang dari 5%.


Kata kunci: minat, motivasi, pemilihan perawatan wajah, remaja


 


Abstract


The variety of facials was increasingly attracting teenagers these day. It can be seen from the number of teens who have visited salons and beauty clinics to perform facial treatments. However, the selection of facial treatments was not in accordance with the needs of their skin because teenagers tend to be affected by the trend. The purpose of this study was to know about the effect of teen interests on selecting of facials, teen motivational effect on selecting of facials, and effect of teens interest and motivation on selecting of facial treatments in Nanisa Beauty & Dental Clinic. This study was associative causal (causal). The independent variables in this study were interest and motivation, while the dependent variable was the selection of facials. The population in this study were young  visitors in Nanisa Beauty & Dental Clinic who perform facial treatments, 134 samples of respondents were collected by simple random sampling. Data collection methods was using questionnaires and data analysis was using multiple linear regression. The results showed that interest was partially has significant effect on the selection of facials by 4.232, motivation partially has significant effect on the selection of facials by 4.791. Interest and motivation simultaneously have significant effect on the selection of facials on teen consumers in Nanisa Beauty & Dental Clinic showed from the F-test result by 54.497 with level of significance 0.000 less than 5%.


Keywords: interest, motivation, selection of facial treatments, teens

Article Details

Section
Articles