PENERAPAN LEMBAR KEGIATAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PEMANGKASAN RAMBUT DASAR DIAGONAL KE DEPAN DI SMK NEGERI 2 LUMAJANG

Main Article Content

EVA CHUSNUL FITRIAH

Abstract

Abstrak


Pendidikan merupakan suatu aspek kehidupan yang sangat mendasar bagi pembangunan suatu bangsa. Guru mempunyai tanggung jawab dalam keberhasilan proses pembelajaran. Salah satunya adalah dengan cara menggunakan media Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada sub kompetensi pemangkasan rambut dasar diagonal ke depan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) keterlaksanaan lembar kegiatan siswa (LKS) 2) aktivitas siswa 3) hasil belajar siswa pada sub kompetensi pemangkasan rambut dasar diagonal ke depan 4) respon siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksperiment dengan rancangan One Group Pretest and Posttest Design. Subyek penelitian ini adalah siswa Tata Kecantikan Rambut kelas X SMK Negeri 2 Lumajang yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji-t statistik dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) keterlaksanaan lembar kegiatan siswa dengan rata-rata 3,6 yang merupakan kategori sangat baik  2) aktivitas siswa dengan rata-rata 81-100% dengan kategori sangat baik 3) hasil belajar siswa dengan pre test kognitif dengan nilai rata-rata 61,2 sedangkan post test kognitif nilai rata-rata siswa 83,9. Hasil belajar siswa pre test psikomotorik nilai rata-rata siswa 69,1 dan post test psikomotorik 84,0. Rata-rata nilai akhir pada pre test 65,2 dan post test 83,9. Hasil uji statistik juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan lembar kegiatan siswa 4) respon siswa dengan rata-rata 81-100% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan lembar kegiatan siswa terhadap hasil belajar siswa Tata Kecantikan Rambut Kelas X di SMKN 2 Lumajang.


Kata Kunci : Lembar Kegiatan Siswa, Peningkatan Keterampilan, Kompetensi Pemangkasan Rambut Dasar   Diagonal Ke Depan  


Abstract


Education is a life aspect that is very fundamental for the development of a nation. Teacher has responsibility within the success learning process. One of it is by using media of Student Work Sheet at sub competence of forward diagonal basic haircutting. The aims of this research were to know 1) the realization of direct instruction model toward Student Work Sheet, 2) student activities, 3) student learning achievement at sub competence of forward diagonal basic haircutting, 4) student response.Type of this research was pre-experimental research with One Group Pretest and Posttest Design. The subjects of this research were students of classroom X Hair Styling in SMK Negeri 2 Lumajang as many as 26 students. Data collecting technique used were observation, test, and questionnaire. Data analysis technique used t-test statistic and percentage. Result of this research shows that 1) realization of direct instruction model toward student work sheet obtained mean 3.6 which is included in very good category, 2) student activities obtained range mean 81-100% with category is very good, 3) student learning achievement for cognitive pretest obtained mean 61.2, while for cognitive posttest obtained mean 83.9. Student learning achievement for psychomotor pretest obtained mean 69.1, while psychomotor posttest obtained mean 84.0. The average of final score for pretest is 65.2 and posttest is 83.9. Result of statistic test also shows that there is significant difference of student learning achievement between before and after using Student Work Sheet, 4) student response obtained range mean 81-100% with criteria is very good.Based on those results could be concluded that there is improvement of using student work sheet toward learning achievement of grader X Hair Styling in SMKN 2 Lumajang.


Keywords: Student Work Sheet, skill improvement, competence of forward diagonal basic haircutting

Article Details

Section
Articles