SURVEI DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP PRODUK SABUN WAJAH

Main Article Content

Gerda Arzhella Renata

Abstract

Abstrak: Daya terima berhubungan erat dengan minat dan sikap individu terhadap suatu obyek. Proses daya terima suatu produk menurut Marwan Asri (1991), proses daya terima seseorang atau konsumen terhadap suatu produk terbagi dalam 5 tahap, yaitu: 1) Pengetahuan (Awareness), 2) Ketertarikan (Interest), 3) Penilaian (Evaluation), 4) Percobaaan (Trial) dan 5) Keputusan (Decision). Sabun wajah merupakan obyek yang salah satu produk perawatan tubuh dan wajah yang sangat penting serta diperlukan pada kehidupan sehari-hari dan di penelitian ini produk yang digunakan untuk menjaga dan merawat kebersihan kulit wajah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui daya terima konsumen terhadap jenis produk sabun wajah dan 2) mengetahui jenis sabun yang diminati oleh konsumen. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Variable bebas dalam penelitian ini adalah sabun wajah. Variable terikat dalam penelitian ini adalah survei daya terima konsumen terhadap produk sabun wajah. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner, wawancara (interview) dan dokumentasi. Subjek  penelitian dilakukan oleh 39 observer terdiri dari ibu-ibu PKK di desa Kauman, Kecamatan Mojoagung, kabupaten Jombang. Teknik analisis data statistik pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya nilai persentase daya terima konsumen terhadap jenis produk sabun wajah pada berbagai aspek pengamatan presentase tertinggi pada unsur pengetahuan (awareness) sebesar 73,16%, selanjutnya pada unsur keputusan (decision) sebesar 72,62%, selanjutnya unsur coba-coba (trial) sebesar 72,05%. Jenis sabun yang sangat diminati oleh konsumen yaitu berasal dari unsur herbal dengan nilai persentase tertinggi sebesar 64,10%.


Kata Kunci : daya terima, konsumen, sabun wajah, herbal


 


 


Abstract: Acceptability close related to individual interest and attitude toward an object. The acceptability of a product to Marwan Asri (1991), acceptability process of person or customer toward a product classified in 5 steps, they are: 1) awareness, 2) interest, 3) Evaluation, 4) Trial, and 5) Decision. Facial wash an object, it is one of important body and face treatment product and required for daily life. In this research, the products is used to cares and treats facial skin cleanliness. The aims of this research were 1) to know the customer acceptability on type of facial wash product, 2) determines type of facial wash that interested by customer. Type of this research is descriptive quantitative. The independent variable in this research is facial wash. The dependent variable in this research is survey of customer acceptability on facial wash product. Data collecting methods used were questionnaire, interview, and documentation. Research subject performed by 39 observers consisted members of PKK at Kauman village, District of Mojoagung, Jombang Regency. Data analysis technique used was statistic quantitative approach. Research yield shows that percentage of customer acceptability on type of facial wash product on any view aspects respectively at awareness 73.16%, then at decision 72.62%, and at trial 72.05%. The most customer interesting type of facial wash is herbal ingredient with highest percentage 64.10%.


Keyword : acceptability, customer, facial wash, herbal.


 

Article Details

Section
Articles