PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI KOMUNIKASI DALAM PELAYANAN JASA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) DI SMK NEGERI 2 PONOROGO

Main Article Content

Rahmawati Mega Putri

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dalam pembelajaran, aktivitas siswa, peningkatan hasil belajar siswa dan respon siswa selama proses penerapan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) Kompetensi Berkomunikasi Dalam Pelayanan Jasa.di SMK Negeri 2 Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah pre eksperiment.Rancangan penelitian yang digunakan adalah “One Group Pretest and Posttest Design”. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 2 Ponorogo kelas X Tata Kecantikan Rambut I yang berjumlah 22 siswa. Data dikumpulkan dengan metode observasi berupa aktivitas guru dan aktivitas siswa, tes berupa tes kognitif dan tes psikomotorik, dan angket berupa lembar angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru dalam pembelajaran diperoleh rata-rata nilai 3.83 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran rata-rata mencapai 96.88% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif meningkat dari (pretest) 65.04 menjadi (posttest) 87.3.Hasil belajar siswa pada ranah psikomotorik meningkat yaitu dari (pretest) 70.13 menjadi (posttest) 94.18. Hasil uji-t berpasangan pada aspek kognitif 19.409 dan aspek psikomotorik  44.164 dengan signifikan 0,000 yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar Kompetensi Komunikasi Dalam Pelayanan Jasa. Respon siswa mencapai 94.7% dengan kategori sangat baik.


Kata kunci :Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning), Komunikasi dalam Pelayanan Jasa.


 


Abtract: The aim of this research were to know teacher activity within teaching and learning, student activity, the improvement of learning achievement, and student response along the process of applying Project Based Learning model Communication within Caring Service lesson in SMK Negeri 2 Ponorogo. Type of this research is pre-experiment research. Research design used was One Group Pretest and Posttest Design.Subject of this research are students of SMK Negeri 2 Ponorogo classroom X Hair Styling I as many as 22 students. Data collected by using observation method were for teacher activity and student activity, tests in form of cognitive test and psychomotor test, and student response questionnaire.  Result of the research shows that teacher activity within teaching and learning obtained mean score 3.83 with category is very good. Student activity within teaching and learning obtained mean percentage 96.88% with category is very good. The student learning achievement at cognitive domain improved (22.26 points) from (pretest) 65.04 became (posttest) 87.3. The student learning achievement at psychomotor domain improved (24.05 points) from (pretest) 70.13 became (posttest) 94.18. The result of paired t-test on cognitive aspect is 19.409 and psychomotor aspect is 44.164 with significance 0,000 which mean that there are improvements of Project Based Learning model toward learning achievement of Communication within Caring Service lesson. Student response obtained 94.7% with good category.


Keywords: Project Based Learning Model, Communication within Caring Service.

Article Details

Section
Articles