PENGARUH PELAYANAN DENGAN PENDEKATAN ISLAM TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI ALFAFA SALON DAN SPA MUSLIMAH SURABAYA

Main Article Content

NITA SEFIYANA

Abstract

Abstrak: Pada sepuluh tahun terakhir perkembangan indutri kecantikan mengalamai peningkatan. Para pelaku bisnis dituntut untuk senantiasa memberikan kualitas pelayanan yang baik. Pelayanan yang baik mampu untuk membuat konsumen puas, disamping kualitas produk yang menunjang. Setiap pelaku bisnis memiliki cara pelayanan yang berbeda terhadap konsumennya, karena pelayanan akan menjadi ciri khas yang sulit ditiru oleh kompetitor. Salah satu jenis pelayanan yang ditawarkan oleh pelaku usaha kecantikan adalah pelayanan dengan pendekatan islam yang semakin diminati oleh konsumen. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan pelayanan dengan pendekatan Islam di Alfafa Salon & SPA Muslimah Surabaya dan mempelajari pengaruh pelayanan dengan pendekatan Islam terhadap kepuasan konsumen di alfafa salon dan SPA Muslimah Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk memberikan penjelasan hubungan antar variabel yang digunakan, melalui uji hipotess kepada 30 responden. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan analisa data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pelayanan dengan pendekatan Islam di Alfafa Salon & SPA Muslimah Surabaya telah memenuhi standart yang telah dietapkan dalam penelitian. Berdasarkan uji F (simultan) semua variabel berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen yaitu variabel bukti langsung, keandalan, jaminan, daya tanggap dan empati. Sedangkan berdasarkan uji t (parsial) hanya variabel keandalan dan jaminan yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, namun variabel bukti langsung, daya tanggap dan empati tidak berpengaruh secara signifikan.


Kata Kunci: kualitas layanan, kepuasan konsumen, Alfafa Salon & SPA Muslimah Surabaya, Alfafa Salon & SPA Muslimah Surabaya


 


 


Abstract: In the last ten years the development of beauty industry was experiencing an increase. Business people required to continuously provide good service quality. Good service is able to create satisfied customers, in addition to the quality of products that support. Every business person has a different way of services to consumers, because the service will be a characteristic that is hard to duplicate by competitors. One type of service offered by the business of beauty is a ministry with the approach of Islam is increasingly in demand by consumers. The purpose of the study was to determine the application of the service with an Islamic approach in Alfafa Salon & SPA Muslimah Surabaya and study the effect of service with the Islamic approach to customer satisfaction in alfalfa salon and SPA Muslimah Surabaya. This research is quantitative research that aims to explain the relationship between the variables used, through the test hipotess to 30 respondents. Methods of data collection using questionnaires and data analysis using multiple linear regression analysis. The results showed that the application of the service with an Islamic approach in Alfafa Salon & SPA Muslimah Surabaya has meet the standards that have is specified in the study. Based on F test (simultaneous) all variables significantly influence customer satisfaction variable tangibility, reliability, assurance, responsiveness and empathy. While based on t test (partial) only variable reliability and assurance a significant effect on customer satisfaction, but variable tangibility, responsiveness and empathy are not significant.


Keywords: service quality, customer satisfaction, Alfafa Salon & SPA Muslimah Surabaya

Article Details

Section
Articles