PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DI OVAN PUTRI BRIDAL AND MAKE UP SURABAYA

Authors

  • AYU APRILIA PRATAMA

DOI:

https://doi.org/10.26740/jtr.v6n2.18739

Abstract

Abstrak: Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat hal yang perlu diperhatikan dalam peningkatan usaha jasa tata rias Ovan Putri Bridal and Make Up yaitu strategi pemasaran yang dilakukan. Adanya penurunan omzet penjualan jasa tata rias khususnya jasa make up pengantin mulai tahun 2013 serta peningkatan kembali pada tahun 2015 yang kurang signifikan seperti pada awal berdirinya Ovan Putri Bridal and Make Up. Maka dari itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi promosi terhadap peningkatan penjualan, mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap peningkatan penjualan, dan mengetahui pengaruh strategi promosi dan kualitas layanan secara bersama-sama terhadap peningkatan penjualan di Ovan Putri Bridal and Make Up Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Ovan Putri Bridal and Make Up sebanyak 132 orang. Sampel penelitian diambil secara accidental sampling. Analisa data menggunakan regresi linear berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi promosi dan kualitas layanan baik secara parsial maupun simultan  berpengaruh terhadap peningkatan penjualan di  Ovan Putri Bridal and Makeup Surabaya berdasarkan hasil uji F sebesar 9,648 dengan tingkat signifikansi 0,000 <5%.

Kata kunci: Strategi promosi, kualitas layanan, peningkatan penjualan.

 

 

Abstract: On the facing of increasingly the fierce competition there’s thing to consider in make up business improvement services on Ovan Putri Bridal and Make Up is a marketing strategy. A decrease in sales turnover cosmetology services especially bridal makeup services began in 2013 and rebound in 2015 is less significant as the early establishment Ovan Putri Bridal and Make Up. Thus the purpose of this study were to determine the effect of the promotion strategies in sales increase, determine the effect of service quality to increase sales, and determine the effect of promotion strategies and the quality of service together to increase sales in Ovan Putri Bridal and Make Up Surabaya. This study uses a quantitative approach. The population in this study were the customer Ovan and Daughter Bridal Make Up as many as 132 people, the samples was taken by accidental sampling. Data was analyzed using multiple linear regression. The result showed that the promotional strategy and the quality of service both partially and simultaneously influence the sales increase in Ovan Putri Bridal and Makeup Surabaya based on test results F by 9.648 with significance level of 0.000 <5%.

Keywords: Promotion strategy, service quality, sales increase.

  

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-03-30

How to Cite

APRILIA PRATAMA, A. (2017). PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DI OVAN PUTRI BRIDAL AND MAKE UP SURABAYA. Jurnal Tata Rias, 6(2). https://doi.org/10.26740/jtr.v6n2.18739
Abstract views: 110 , PDF Downloads: 192