PENERAPAN VIDEO TUTORIAL NAIL ART OMBRE UNTUK ME NINGKATKAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR SISWA TATA KECANTIKAN KULIT DI SMK NEGERI 8 SURABAYA

Authors

  • ZULHIZA DWI PERMATASARI

DOI:

https://doi.org/10.26740/jtr.v6n2.18944

Abstract

Abstrak: Penerapan media video nail art ombre di berikan pada siswa tata kecantikan kulit di SMK Negeri 8 Surabaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang digunakan untuk Ujian Kompetensi Keahlian (UKK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kelayakan media berbasis video dengan menerapkan video tutorial nail art ombre, 2) keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan video tutorial nail art ombr, 3) hasil belajar peserta terhadap penerapan video turorial nail art ombre, 4) respon peserta terhadap penerapan video tutorial nail art ombre. Penelitian ini menggunakan rancangan Model ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluations). Data yang didapat berupa hasil kelayakan media berbasis video, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar peserta dan respon peserta. Subyek penelitian adalah 30 siswa tata kecantikan kulit di SMK Negeri 8 Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan tes hasil belajar. Metode analisis menggunakan rata-rata untuk pengelolaan kelayakan video, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar peserta dan respon peserta.Berdasarkan hasil analisis data kelayakan video nail art ombre memperoleh kriteria baik dengan rata-rata 3,82. Keterlaksanaan pembelajaran memperoleh kriteria baik dengan rata-rata 3,7. Data hasil belajar nail art ombre memperoleh kriteria sangat baik dengan rata-rata kelas sebesar 83,2 dan 100% siswa tuntas, sehingga terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan media video. Respon peserta terhadap penerapan video nail art ombre memperoleh rata-rata 3,55 dengan kriteria baik.

Kata Kunci: Video, Nail Art Ombre

 

 

Abstract: Implementation of Ombre Nail Art Video gives to skin beauty students in SMK Negeri 8 Surabaya to improve student skin beauty learning outcomes that used in skin competence examination (UKK). The aim of this research is to know: 1) appropriateness video basic media with applying Ombre Nail Art Videos tutorial. 2) Implementation studying by applying Ombre  Nail Art Video. 3) The participants learning outcomes in applying Ombre  Nail Art Video tutorial. 4) Participants respon on Ombre  Nail Art Video tutorial implementation. This research are using design model by ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluations). The data obtained in the form of feasibility results from the video basic media, studying implementation, study results and participants responses. Subject of this research is 30 students skin beauty of SMK Negeri 8 Surabaya. The collecting data method are using in this research are: Questionnaire, Observation and test learning outcomes. Analysis method are using average for video feasibility management, studying implementation, and study result and participants responses. Based on the result of feasibility data analysis of Ombre nail art video are earned good criteria with 3.82 average. Studying implementation are earned god criteria with 3.7 averages. Result data from studying nail art Ombre earned best criteria with 83.2 average and 100% students are finish, so there is an increase result from the studying by applying video media. Participant responses on applying Ombre nail art video earned 3.55 averages with good criteria.

Keywords: Video, Nail Art Ombre

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-05-02

How to Cite

DWI PERMATASARI, Z. (2017). PENERAPAN VIDEO TUTORIAL NAIL ART OMBRE UNTUK ME NINGKATKAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTOR SISWA TATA KECANTIKAN KULIT DI SMK NEGERI 8 SURABAYA. Jurnal Tata Rias, 6(2). https://doi.org/10.26740/jtr.v6n2.18944
Abstract views: 108 , PDF Downloads: 163