PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM KOMPETENSI DASAR PEMANGKASAN RAMBUT PRIA (BARBER) DI SMKN 1 BUDURAN

Authors

  • Maja Mustika Sora

DOI:

https://doi.org/10.26740/jtr.v6n2.19097

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Keterlaksanaan model pembelajaran, 2) hasil belajar siswa, 3) respon siswa. Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperimen, menggunakan desain penelitian One Group Pre test dan Post test Desain.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI tata kecantikan rambut di SMKN 1 Buduran sebanyak 22 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah  observasi, angket dan tes. Analisis data penelitian ini menggunaan rata-rata pada keterlaksanaan model pembelajaran, presentase pada angket, uji t digunakan untuk hasil belajar ranah kognitif, presentase untuk hasil belajar psikomotor dan presentase untuk respon. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran mencapai rata-rata 4 dengan predikat sangat baik. Hasil belajar kognitif  dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) 0,000 kurang dari 0,05. Hasil belajar psikomotor yang diperoleh dari nilai post test dengan nilai 71-85 kriteria baik terdapat 18 siswa dengan presentase 81,8% dan nilai 86-100 kriteria sangat baik terdapat 4 siswa dengan presentase 18,2%. Hasil penilaian dari repon siswa  dari 6 aspek penilaian rata-rata mencapai 100% dengan predikat sangat baik. sehingga terdapat peningkatan hasil belajar psikomotor pada kompetensi dasar pemangkasan rambut pria. dengan penerapan model Pembelajaran Berdasarkan Masalah kelas XII Tata Kecantikan Rambut SMKN 1 Buduran Sidoarjo.

Kata Kunci: Hasil Belajar Barber, Pembelajaran Berdasarkan Masalah

 

 

Abstract: This research aim to investigate: 1) implementation of learning process, 2) student’s learning result, 3) student response.  This is Pre Eksperimen research that used One Group Pre and Post Test Design as a research design. Subject of this research is 22 tata kecantikan rambut students of eleventh grade in SMKN 1 Buduran. Method of data collection that used in this research is observing, questionnaire and testing. Data analysis of this research used average on implementation of learning process method, percentage on questionnaire, percentage on psychometric of learning process result and test on cognitive of learning process result. This research shows that implementation learning process achieves the average by good prediction. cognitive learning process shows sig (2-tailed) 0,000 less than 0,05 so that concludes final result shows that there is an increasing on students. The result of psychometric learning process which took by score of post test show difference significantly with score of 71-85 good criteria many 18 student with precentage 81,8% and score 86-100 very good criteria many 4 student with precentage 18,2%. The result of student response reaches for 6 aspec rearch 100% by very good prediction., learning proceses by implementing learning process model based on problem (PBM) on Basic Competence of Male Haircutting for Eleventh Grade Tata Kecantikan Rambut SMKN 1 Buduran Sidoarjo.

Key Word: The Result Of Barber, Problem Based Learning 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-05-08

How to Cite

Mustika Sora, M. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM KOMPETENSI DASAR PEMANGKASAN RAMBUT PRIA (BARBER) DI SMKN 1 BUDURAN. Jurnal Tata Rias, 6(2). https://doi.org/10.26740/jtr.v6n2.19097
Abstract views: 28 , PDF Downloads: 67