PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA PERAWATAN BADAN DI PESONA REFLEXOLOGY ROYAL PLAZA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jtr.v6n2.19240Abstract
Abstrak: Tingginya aktifitas di kota besar menyebabkan pelaku bisnis memanfaatkan peluang bisnis rekreasi. Salah satu bisnis rekreasi adalah relaksasi perawatan badan di pusat perbelanjaan modern. Pesona Reflexology sebagai tempat perawatan badan pilihan konsumen, yang dilihat dari data observasi awal, jumlah pengunjung mengalami peningkatan di akhir pekan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor perilaku konsumen dalam menggunakan jasa perawatatan badan di Pesona Reflexology Royal Plaza Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Variabel bebas adalah faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis, sedangkan variabel terikat adalah perilaku konsumen dalam menggunakan jasa perawatan badan. Populasi penelitian pengunjung di Pesona Reflexology yang melakukan perawatan badan, sampel penelitian 50 responden diambil secara purposive sampling menghasilkan karakteristik responden dominan 66% wanita, 40%, usia 18-24 tahun dan 38% pegawai swasta. Metode pengumpulan data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji prasyarat yaitu normalitas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Analisis regresi linear berganda digunakan menganalisa nilai pengaruh dua variabel bebas atau lebih terhadap variabel terikat dan untuk membuktikan ada atau tidak hubungan fungsional antara variabel bebas dengan variabel terikat, uji Simultan (Uji F) untuk mengetahui besar pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat dan uji Parsial (Uji t) untuk menguji tiap signifikan variabel bebas dengan variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan tiap faktor perilaku konsumen secara parsial memperoleh nilai signifikan : faktor budaya 0,247>0,05 , Faktor sosial 0,095>0,05, Faktor pribadi 0,622>0,05, Faktor psikologis 0,003<0,05. Hasil penelitian menunjukkan secara Parsial, hanya faktor psikologis yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam menggunakan jasa perawatan badan dan secara simultan F-hitung sebesar 5,170 dengan tingkat signifikansi 0,002 kurang dari 5% menunjukkan faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam menggunakan jasa perawatan badan di Pesona Reflexology.
Kata Kunci: Faktor Perilaku Konsumen, Menggunakan Jasa, Perawatan Badan
Abstract: Activity was increase in big cities gives chances to businessman to take advantage from recreational business opportunities. One of the recreational business is body treatments for relaxation in modern shopping centers. Pesona Reflexology is one example. It seems from the initial observation data that the number of visitors have increased over the weekend. The purpose of this study is to determine the influence of consumer behavior factors in using the body treatment services in Pesona Reflexology Royal Plaza Surabaya. This research uses quantitative descriptive method. Independent variables of this research are cultural, social, personal, and psychological factors, while the dependent variable is the consumer behavior in using body treatment services. Research population of visitors at Pesona Reflexology do body treatment, research sample 50 respondents taken by purposive sampling yield characteristic of dominant responden 66% woman, range age 18-24 years 40%, and 38% private employees. Methods of data collection is using multiple linear regression analysis with prerequisite normality test, multicollinearity, and heteroscedasticity. Multiple linear regression analysis is used to analyze the influence value of two independent variables or more to the dependent variable and to prove whether or not the functional relationship between the independent variable or the dependent variable, Simultan test (F test) to determine the effect of the independent variable with the dependent variable and the Partial test (t test) to test each significant independent variable with dependent variable. The result indicate each factor of consumer behavior partially get significant value: cultural factor 0,247> 0,05, social factor 0,095> 0,05, personal factor 0,622> 0,05, psychological factor 0,003 <0,05. It shows that partially psychological factors influencing consumer behavior in using body care service and simultaneously F-count 5,170 with significance level 0,002 less than 5% indicate cultural, social, personal, and psychological factors influencing consumer behavior in using body treatment services in Pesona Reflexology.
Keywords: consumer behavior factors, using service, body treatment
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

