PENGARUH LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) TERHADAP KOMPETENSI DASAR RIAS WAJAH PANGGUNG DI KELAS XI KECANTIKAN KULIT SMK NEGERI 1 BUDURAN SIDOARJO

Main Article Content

NURUL PUJI SUSANTI

Abstract

Abstrak: Dalam penyelenggaraan pendidikan, guru mempunyai tanggung jawab dalam keberhasilan proses pembelajaran dengan cara menggunakan media Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada kompetensi dasar rias wajah panggung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) keterlaksanaan lembar kegiatan siswa (LKS), 2) aktivitas siswa, 3) kompetensi dasar rias wajah panggung sebelum dan sesudah penerapan lembar kegiatan siswa (LKS), 4) respon siswa. Jenis penelitian ini adalah pre experimental design dengan rancangan one group pretest dan posttest design. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Kecantikan Kulit di SMK Negeri 1 Buduran sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan: observasi, tes, dan angket. Analisis data menggunakan rat-rata, uji-t dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keterlaksanaan lembar kegiatan siswa dengan model pengajaran langsung mendapat rata-rata 3,4 dengan kriteria sangat baik, 2) aktivitas siswa dengan rata-rata 90-100% dengan kategori sangat baik, 3) kompetensi dasar rias wajah panggung pada rata-rata pretest pada ranah kognitif dan psikomotorik berturut-turut nilai 68,17 dan 66,67 sedangkan rata-rata posttest pada ranah kognitif (85,03) dan ranah psikomotorik (85,13 ). Nilai pretest dan posttest 85,27. Rata-rata nilai akhir pada pretest 68,92 dan posttest 85,13. Hasil uji t 20.286 signifikasi 0,000 juga menunjukkan bahwa kompetensi siswa mengalami peningkatan yang signifikan dengan lembar kegiatan siswa, 4) respon siswa dengan persentase sebesar 86,6% hingga 100% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat pengaruh lembar kegiatan siswa (LKS) terhadap kompetensi dasar rias wajah panggung di kelas XI Kecantikan Kulit SMKN 1 Buduran Sidoarjo.


Kata kunci: Lembar Kegiatan Siswa, Kompetensi Dasar Rias Wajah Panggung


.


 


Abstract: In the implementation of education, teachers have responsibility in the success of the learning process by using the media Student Work Sheet (LKS) on the basic competence of stage make up. The purpose of this research is to know: 1) implementation of student work sheets (LKS), 2) student activities, 3) basic competence of stage makeup before and after application of student work sheet (LKS), 4) student response. The type of this research is pre experimental design with one group pretest and posttest design. The subjects of the research is the students of X Beauty Class at SMK Negeri 1 Buduran with 30 students. Methods of data collection using: observation, test, and questionnaire. Data analysis using average, t-test and percentage. The results showed that: 1) the implementation of student activity sheet with direct instruction model got an average of 3.4 with very good criteria, 2) student activity with average 90-100% with very good category, 3) basic competence of stage make up on the pretest averages in the cognitive and psychomotor domains is 68,17 and 66,67, respectively, whereas posttest mean in cognitive domain (85,03) and psychomotor domain (85,13). Pretest and posttest value 85.27. Average final value at pretest 68.92 and posttest 85.13. Result of t test 20,286 significance 0.000 also show that student competence have significant improvement with student work sheet, 4) student response with percentage of 86,6% to 100% with very good category. The result of this research concludes that there is influence of student work sheet (LKS) on the basic competence of makeup on the stage in class XI Beauty Skin SMKN 1 Buduran Sidoarjo.


Keywords: Student Work Sheet, Basic Competence of Stage Makeup

Article Details

Section
Articles