PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR ANATOMI DAN FISIOLOGI DI SMKN 6 SURABAYA

Main Article Content

SALSIL HIMMI

Abstract

Abstrak: Model pembelajaran kooperatif tipe TGT adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status, siswa berperan sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) keterlaksanaan sintaks, 2) aktivitas siswa 3) hasil belajar siswa, 4) keterampilan sosial siswa, 5) respon siswa. Jenis penelitian ini yaitu pre experiment dengan desain one group pre test – post test design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Kecantikan Kulit I sebanyak 30 orang di SMKN 6 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata, uji-T dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan 1) keterlaksanaan sintaks secara keseluruhan mendapat kategori sangat baik dengan rata-rata nilai 3,8. 2) Aktivitas siswa mendapat kategori sangat baik dengan persentase 95,1%. 3) Hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan dari rata-rata nilai 57,5 menjadi 82,3 , hasil uji T dengan taraf signifikansi 0,000<0,05 artinya ada perbedaan hasil belajar antara sebelum dengan sesudah pembelajaran secara signifikan. 4) Keterampilan sosial siswa termasuk kategori sangat baik dengan persentase sebesar 92,7%. 5) Respon siswa secara keseluruhan mencapai kategori sangat baik dengan persentase 93,3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar anatomi dan fisiologi di SMKN 6 Surabaya.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Anatomi dan Fisiologi.

Abstract: Cooperative learning model TGT type is one of the cooperative learning model that is easy to apply, involves the activities of all students without any difference status, students act as peer tutors and contain elements of the game. This study aims to determine 1) syntax implementation, 2) students activities 3) student learning outcomes, 4) student’s social skills, 5) students responses. Type of research is pre experiment with one group pre test - post test design. The subjects of the study were the 30 students of grade X Beauty Skin I at SMKN 6 Surabaya. Data collection techniques used observation method, test and questionnaire. Data analysis techniques use the average formula, T-test and percentage. The results showed 1) the syntax implementation overall got a very good category with an average score of 3.8. 2) Student activity gets very good category with percentage 95,1%. 3) Students learning outcomes after learning has increased from the average score of 57.5 to 82.3 with a significance level of 0.000 <0.05 of test T results, which mean there is different signfican between before and after, 4) Student social skills are categorized as excellent with a percentage of 92.7%. 5) Overall student responses achieved very good category with 93.3% percentage. Based on the result of this research can be concluded that there is influence of TGT type cooperative learning model towards anatomy and physiology learnng at SMKN 6 Surabaya.

Key words: TGT Type Cooperative Learning Model, Anatomy and Physiology

Article Details

Section
Articles