Pengaruh Lima Dimensi Kepuasan Konsumen pada Jasa Perawatan Rambut Di Saliha Salon & Spa Muslimah Surabaya

Main Article Content

Ratna Rana Wangsi
MEIN KHARNOLIS

Abstract

AbstrakSaliha Salon & Spa Muslimah Surabaya adalah salon kecantikan yang menawarkan jasa kecantikan seperti salon pada umumnya. Salon ini didirikan pada bulan November 2018. Meskipun tergolong salon kecantikan yang baru namun konsumennya bertambah setiap bulannya terutaama pada jasa perawatan rambut. Kepuasan konsumen erat kaitannya dengan kualitas pelayanan. Bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati adalah lima dimensi dari kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuaan konsumen baik secara parsial maupun secara simultan. Subyek penelitian ini adalah 100. Jenis penelitian menggunakan teori analitik korelasional. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan kuesioner. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner. Analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda dan uji TCR. Hasil penelitian menunjukkan kelima dimensi baik secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada jasa perawatan rambut di Saliha Salon & Spa Muslimah Surabaya. Dan hasil analisis data penelitian menunjukkan dimensi bukti fisik hasil uji t = 2,401 dan hasil uji TCR = 86,8% dengan kategori baik. Dimensi kehandalan hasil uji t = 2,129 dan hasil uji TCR = 88,4% dengan kategori baik. Dimensi daya tanggap hasil uji t = 2,177 dan hasil uji TCR = 88,2% dengan kategori baik. Dimensi jaminan hasil uji t = 2,148 dan hasil uji TCR = 87,6% dengan kategori baik. Dimensi empati hasil uji t = 2,122 dan hasil uji TCR = 87,9% dengan kategori baik. Kelima dimensi secara simultan hasil uji F = 9,205 dan hasil uji R2 = 0,329 atau 32,9%. Kata Kunci : lima dimensi, kualitas pelayaan, kepuasan konsumen

Article Details

Section
Articles