FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN TERHADAP PRODUK PERAWATAN TUBUH YANG DIGUNAKAN

Main Article Content

TITI DEWI MAYASISKA
RAHAYU DEWI SOEYONO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mencari dan menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen dalam menggunakan produk perawatan tubuh, terdapat empat faktor yang meliputi faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan faktor budaya terdiri dari kebudayaan, sub budaya, kelas sosial, yang berpengaruh sebesar 16% artinya berkategori sangat rendah. Faktor sosial terdiri dari unsur kelompok referensi, keluarga serta peran dan status, berpengaruh sebesar 26% yang artinya berkategori rendah. Faktor pribadi terdiri dari unsur usia dan tahapan siklus hidup, pekerjaan, keadaan ekonomi, gaya hidup serta kepribadian dan konsep diri, berpengaruh sebesar 52%, yang artinya berkategori sedang. Faktor psikologi terdiri dari usur motivasi serta presepsi yang berpengaruh sebesar 70% yang artinya berkategori kuat. Faktor psikologi berpengaruh yang paling tinggi terhadap minat konsumen pada produk perawatan tubuh yang digunakan, diikuti oleh faktor pribadi, faktor sosial dan yang paling rendah adalah faktor kebudayaan.

Kata Kunci: produk perawatan tubuh, minat konsumen

Abstract

This study is aimed at finding and determining factors that influence the consumers’ interest in using body care products. There are four factors which are cultural factor, social factor, private factor, and psychological factor. The research method used in this study is descriptive qualitative. The data analysis technique using statistic descriptive by the percentage calculation. The result showed that cultural factor consists of culture, sub culture, social class which had impact at 16% and can be categorized as low. Social factor consists element of reference group, family, also the role and status which had impact at 26% and can be categorized as low. Private factor includes element of age and stage of life cycle, job, economic situation, lifestyle, also characteristic and self-concept, impacted at 52% which means in medium. The psychological factor consists element of motivation and perception which had impact at 70%, means in the high category. Indeed, psychological factor had highest impact in consumer interest of body care products used followed by private factor, social factor, and the lowest is cultural factor.

Keywords: body care products, consumer interest

Article Details

Section
Articles