PENERAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE PADA KOMPETENSI MELAKUKAN PERAWATAN KULIT WAJAH TIDAK BERMASALAH DI SMK NEGERI 6 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jtr.v3n01.6311Abstract
Abstrak: Sebagian besar gaya dan metode mengajar guru kurang memperhatikan mental siswa terutama pada siswa tingkat pertama (kelas X), sehingga mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa masih rendah pada teori dan praktek perawatan kulit wajah tidak bermasalah. Permasalahan tersebut menjadikan alasan peneliti menerapkan perangkat pembelajaran yang berbasis model pembelajaran Kooperatif tipe Inside Outside Circle pada kompetensi melakukan perawatan kulit wajah tidak bermasalah. Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) keterlaksanaan pembelajaran, 2) hasil belajar siswa, 3) respon siswa terhadap perangkat pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan desain penelitian The One-Shot Case Study Design. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah: 1) Observasi keterlaksanaan pembelajaran, 2) Tes ketuntasan hasil belajar dan penilaian sikap, 3) Angket respon siswa terhadap perangkat pembelajaran. Instrument penelitian yang digunakan: 1) Lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, 2) Lembar penilaian tes tulis, tes kinerja dan sikap, dan 3) Lembar angket respon siswa terhadap perangkat pembelajaran. Hasil penelitian adalah: 1) keterlaksanaan pembelajaran ditinjau dari kegiatan guru sebesar 83,9% sedangkan keterlaksanaan pembelajaran ditinjau dari kegiatan siswa sebesar 84,8%, 2) Hasil belajar ranah afektif berupa penilaian sikap spiritual diperoleh 100% dan sikap sosial diperoleh 72%, sedangkan hasil belajar siswa ranah kognitif mencapai ketuntasan 83,3%, dan ranah psikomotor mencapai 100%, 3) Respon siswa terhadap perangkat pembelajaran dengan menjawab “iya” mendapat skor sebesar 93,3% dengan kategori sangat baik. Adapun yang dapat disimpulkan adalah sebagai berikut: 1) Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran Kooperatif tipe Inside Outside Circle dinyatakan berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur pembelajaran yang telah direncanakan, 2) Hasil belajar ranah afektif sangat menunjukkan kemajuan berupa sikap spiritual dan sikap sosial, sedangkan hasil belajar ranah kognitif dan ranah psikomotor dapat memenuhi standar ketuntasan minimum; 3) Respon siswa terhadap perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran Kooperatif tipe Inside Outside Circle menunjukkan respon positif. Analisis angket respon siswa yaitu 93,5% siswa memilih jawaban iya dan 6,5% siswa memilih jawaban tidak.
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, model pembelajaran Kooperatif tipe Inside Outside Circle, Kompetensi melakukan perawatan kulit wajah tidak bermasalah
Abstract: Most of the styles and methods of teaching the teachers pay less attention to the mental level of the students, especially the students first (class X), thus affecting students' motivation and learning outcomes is low on theory and practice of facial skin care is not problematic. These problems make the reason researchers applying learning device based cooperative learning model inside outside circles in facial skin care competence do not problematic. The purpose of the research for know: 1) feasibility study, 2) student learning outcomes, 3) students' response to the learning. This research is a descriptive study using the research design of The One-Shot Case Study Design. The data collection of techniques used were: 1) The observation feasibility study, 2) test the thoroughness of learning outcomes and attitudes assessment, 3) The students' response to the questionnaire study. The instrument of used in this study: 1) The feasibility study observation, 2) The written test assessment, test performance and attitudes, and 3) The sheet student of questionnaire responses to the learning device. The results of the study are: 1) The feasibility study in terms of the activities of teachers at 83.9% while the feasibility of learning in terms of student activities at 84.8%, 2) the affective domain of learning outcomes assessment in the form of a spiritual attitude gained 100% and 72% obtained social attitudes, whereas the cognitive learning outcomes students achieve mastery of 83.3%, and the psychomotor domains reached 100%, 3) The response to the students' learning by answering "yes" got a score of 93.3% with a very good category. As can be concluded as follows: 1) The feasibility learning devices of based learning using cooperative learning model be expressed Inside Outside Circle goes well and according to the learning procedures that have been planned, 2) the affective domain of learning results strongly indicate the progress of a spiritual attitude and social attitudes, while the results of cognitive learning and psychomotor domains can fill completeness minimum standards; 3) The response of students towards learning the type of model-based Cooperative Learning Inside Outside Circle showed a positive response. The analysis of student questionnaire responses that 93.5% of students chose answers yes and 6.5% of students choose an answer.
Keywords: Software-based learning cooperative learning model inside outside circle, Competence perform facial skin care is not problematic
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 26
,
PDF Downloads: 31





