PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MELAKUKAN PENATAAN SANGGUL DAERAH JAWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS XII SMKN 2 NGAWI
DOI:
https://doi.org/10.26740/jtr.v3n01.p%25pAbstract
Abstrak: SMKN 2 Ngawi merupakan sekolah kejuruan yang memiliki jurusan kecantikan rambut dengan kompetensi melakukan penataan sanggul daerah. Pembelajaran yang biasa digunakan adalah pembelajaran konvensional yang berdampak pada hasil belajar siswa. Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT. Model pembelajaran tersebut diharapkan dapat memotivasi siswa, memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks disamping menumbuhkan tanggung jawab, kejujuran, kerja sama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui keterlaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, (2) mengetahui hasil belajar siswa pada kompetensi dasar melakukan penataan sanggul daerah melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT,(3) mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Jenis penelitian ini adalah pre experimental dengan desain penelitian One group pretest-posttest. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XII kecantikan rambut di SMKN 2 Ngawi dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan angket. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) keterlaksanaan proses pembelajaran pada kegiatan awal, inti dan akhir dapat terlaksana dengan baik, (2) hasil belajar siswa dalam ranah kognitif pada saat pretest terdapat 14 siswa yang tidak tuntas dan 13 siswa yang tuntas dengan rata-rata nilai pretest 69,15 sedangkan nilai posttest 5 siswa yang tidak tuntas dan 22 siswa yang tuntas dengan rata-rata 81,22. (3) respon siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT sebesar 91,55% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan proses pembelajaran dalam kompetensi dasar melakukan penataan sanggul daerah jawa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat terlaksana, hasil belajar siswa dalam ranah kognitif meningkat dan respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe TGT sangat baik.
Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe TGT, Kompetensi Penataan sanggul daerah Jawa, Hasil Belajar Siswa
Abstract: SMKN 2 is a vocational school that has hair styling department with competence of performing ethnic bun styling. Teaching and learning often used was conventional learning which is affected on student learning achievement. The effort to improve student learning achievement is by using cooperative learning model type of TGT. That learning model expected to motivates students, allows student to learn more relax beside to grow responsibility, honesty, cooperation, good competition, and learning involvement.The aims of this research were (1) to know realization of the implementation of cooperative learning model type of TGT, (2) to know student learning achievement on basic competence of performing ethnic bun styling through cooperative learning model type of TGT, (3) to know student response toward cooperative learning model type of TGT. Type of this research was pre-experimental with research design one group pretest-posttest. Subject of this research were grader XII Hair Styling in SMKN 2 Ngawi as many 27 students. Data collecting technique were observation, test and questionnaire. Data analysis technique used descriptive quantitative. Result of this research shows (1) realization of learning process at introduction activity, main activity and closing were occurred good, (2) student learning achievement in cognitive field at pretest 14 students were not completed and 13 students completed with pretest mean 69.15, while at posttest 5 students were not completed and 22 students completed with mean 81.22. (3) Students response with implementation of cooperative learning model type of TGT was 91.55% with good criteria. Based on result of this research, could be concluded that realization of learning process on basic competence of Javanese bun styling using cooperative learning model type of TGT was realized, student learning achievement in cognitive field was improved and students response on cooperative learning model type of TGT was very good.
Keywords: Cooperative learning model type of TGT, competence of Javanese bun styling, students learning achievement.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

