PENINGKATAN KOMPETENSI MERIAS WAJAH PANGGUNG MELALUI PELATIHAN MERIAS WAJAH PANGGUNG PADA PENARI DI SANGGAR MEDANG TARUNA BUDAYA KECAMATAN TAMAN SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jtr.v3n01.p%25pAbstract
Abstrak : Pelatihan merias wajah panggung di sanggar Medang Taruna Budaya perlu diadakan hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pada peserta didik sanggar dalam hal merias wajah panggung secara mandiri, karena sering terjadi keterlambatan dalam proses persiapan saat pementasan yang masih bergantung pada jasa juru rias. Pelatihan merias wajah panggung yang digunakan dalam pelatihan yaitu kategori straight make up. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keterlaksanaan pengelolaan pelatihan, 2) aktivitas peserta 3) hasil belajar sebelum dan sesudah diadakan pelatihan, 4) respon peserta didik terhadap pelatihan merias wajah panggung di sanggar seni dan tari Medang Taruna Budaya. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen desain, menggunakan “One Group Pretest-Posttest Design”. Subjek penelitian adalah peserta didik sanggar Medang Taruna Budaya sebanyak 22 peserta. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes psikomotor. Teknik analisis data penelitian menggunakan deskriptif, persentase, dan uji t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keterlaksanaan pengelolaan pelatihan merias wajah panggung yang diamati oleh dua observer mencapai rata-rata 3,8 sehingga dikategorikan baik sekali, 2) aktivitas peserta pelatihan yang diamati oleh 4 observer mencapai kategori baik sekali dengan mendapatkan nilai rata-rata 3,8, 3) hasil tes psikomotor peserta nilai rata-rata 69 pada pretest dan rata-rata nilai 89,8 pada posttest. Hasil perhitungan uji t diperoleh thitung 16,683 dengan ttabel 1,72. Jadi ada peningkatan hasil praktek tes keterampilan sebelum dan sesudah pelatihan merias wajah panggung dengan menggunakan metode demontrasi dan panduan hand out pada penari di Sanggar seni dan tari Medang Taruna Budaya, 4) respon peserta pelatihan merias wajah panggung mendapatkan rata-rata 96% dikategorikan sangat baik
Kata Kunci : Pelatihan, Merias Wajah Panggung
Abstract : Training of stage make up at gallery Medang Taruna Budaya need to be held to improve the knowledge and skills of trainee in stage make up independently, because there were often late at preparation process while staging and still depends on beautician services. Make up training used in this training was stage make up. This research aims to know: 1) realization of training management, 2) trainee activity, 3) practice result, 4) trainee response toward training of stage make up in art and dance gallery of Medang Taruna Budaya. Type of this research was pre-experimental design using One Group Pretest-Posttest Design. Subject of this research was students of Medang Taruna Budaya gallery as many 22 students. Data collecting method used were observation and psychomotor test. Data analysis techniques used were descriptive, percentage, and t-test. Result of this research shows that: 1) realization of stage make up training management observed by two observers achieved mean 3.8 then categorized very good, 2) trainee activity observed by 4 observers achieved very good category by obtained mean 3.8, 3) psychomotor test result of trainee obtained mean 69 at pretest and mean 89.8 at posttest. The calculation result of t-test obtained tcalculation 16.683 with ttable 1.72. Those, there was improvement on practice result of psychomotor test before and after stage make up training by using method of demonstration and Hand Out manual on dancer of Medang Taruna Budaya art and dance gallery, 4) trainee response on stage make up training obtained mean 96% and categorized very good.
Keywords: training, stage make up
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

