PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN PRINSIP BERKOMUNIKASI DI TEMPAT KERJA KELAS X DI SMK NEGERI 3 BLITAR

Authors

  • RICCA ROSYIIDA

DOI:

https://doi.org/10.26740/jtr.v3n01.p%25p

Abstract

Abstrak: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT bertujuan melatih siswa untuk lebih bertanggung jawab atas tugas yang diberikan dalam kelompok tersebut. Model pembelajaran ini juga melatih siswa dalam beraktivitas dan berketerampilan sosial dalam kegiatan belajar mengajar terutama pada kegiatan diskusi antar teman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) aktifitas guru, 2) aktifitas siswa, 3) hasil belajar kognitif siswa, 4) dan keterampilan sosial siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada kompetensi dasar menjelaskan prinsip berkomunikasi di tempat kerja.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre eksperimental design dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas X di SMK Negeri 3 Blitar sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes berupa hasil belajar kognitif siswa. Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif dan  ujit (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) aktifitas guru pada penerapan model pembelajaran mencapai kategori sangat baik dengan rata-rata 3,5 yang meliputi kegiatan pendahuluan, inti, penutup, pengelolaan pembelajaran, suasana kelas, 2) aktifitas siswa yang diamati oleh 6 observer mencapai kategori sangat baik, 3) hasil belajar kognitif siswa pada pretest dengan rata-rata nilai 58,3 sedangkan pada posttest dengan rata-rata nilai mencapai 73,9. Hasil perhitungan uji-t diperoleh thiting 12,412 dengan taraf signifikan 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari pengukuran data pretest dan posttest, 4) keterampilan sosial siswa dalam 6 kelompok yang masing-masing diamati oleh 1 observer mendapat kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa Keterampilan sosial siswa yang meliputi 6 aspek dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada kompetensi dasar menjelaskan prinsip berkomunikasi di tempat kerja terlaksana dengan baik.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe NHT, Hasil belajar, Menjelaskan Prinsip Berkomunikasi di Tempat Kerja

 

 

Abstract: Cooperative learning model type of NHT subjected to train students to be more responsible on given task in a group. This learning model is also to train students in activity and social skill in teaching and learning primary for discussion among friends. This research aims to know: 1) teacher activity, 2) student activity, 3) cognitive learning achievement, and 4) students social skill in the application of cooperative learning model type of NHT on basic competence of explaining principles of communicating at workplace. Research type used was pre-experimental research with design One Group Pretest Posttest. Research subject were grader X in SMK Negeri 3 Blitar as much as 30 students. Data collecting method used observation and students cognitive learning achievement test. Data analysis used was descriptive quantitative in form of mean and percentage. Result of this research shows that: 1) teacher activity of applying learning model achieved good enough category or moderate with mean 3.4 including introduction, main activity, closing, learning management, and classroom situation. 2) Student activity observed by 6 observers achieved good category. 3) Student cognitive learning achievement at pretest obtained average score 58, while at posttest obtained score 73.9. The calculation result of t-test obtained tcalculating 12,412 with signification 0.000. there was improvement of achievment different between pretest result and posttest result.4) Students social skill in 6 groups each observed by an observer obtained good category 

Keywords: Cooperative learning model, type of NHT, learning achievement, explaining principles of communicating at workplace


Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-01-30

How to Cite

ROSYIIDA, R. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN PRINSIP BERKOMUNIKASI DI TEMPAT KERJA KELAS X DI SMK NEGERI 3 BLITAR. Jurnal Tata Rias, 3(01). https://doi.org/10.26740/jtr.v3n01.p%p
Abstract views: 22 , PDF Downloads: 22