PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KELAINAN KULIT KELAS X KECANTIKAN KULIT DI SMK NEGERI 2 PONOROGO

Authors

  • NASTITI NAWIDYA PUTRI

DOI:

https://doi.org/10.26740/jtr.v3n01.p%25p

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil wawancara mengenai mata pelajaran pengetahuan kelainan kulit dengan beberapa guru di SMK Negeri 2 Ponorogo diperoleh informasi bahwa siswa kurang terlibat dalam mengikuti pelajaran. Kurangnya keterlibatan siswa karena perubahan dari SMP menuju ke jenjang SMK membuat siswa kurang berinteraksi antar teman sehingga sistem pembelajaran siswa sebagai pusat informasi tidak terlaksana. Permasalahan tersebut menjadi alasan peneliti untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif TPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) hasil belajar siswa, 2) keterlaksanaan model pembelajaran tipe TPS 3) keterampilan sosial siswa 4) respon siswa Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan menggunakan “one group pretest postest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMKN 2 Ponorogo sebanyak 28 siswa. Instrumen penelitian yaitu lembar soal tes, lembar observasi, dan lembar angket. Untuk analisis data penelitian menggunakan menggunakan deskriptif dan uji t (t-test) dengan bantuan  program spss. Hasil penelitian menunjukkan 1) Hasil belajar siswa diperoleh pretest (52,1) dan  posttest (82,1). Perhitungan uji t dengan taraf signifikan 0,000 (a0,05) sebesar(15.771) menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah  penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar pengetahuan kelainan kulit kelas X Tata Kecantikan Kulit di SMK Negeri 2 Ponorogo. 2) Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terlaksana dengan baik yang meliputi pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. 3) Keterampilan sosial siswa yang diamati oleh 4 observer di SMK Negeri 2 Ponorogo menjadikan siswa aktif dan mendapat kategori baik. 4) Respon siswa dengan menggunakan model pembelajaran dikategorikan sangat baik.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS, Pengetahuan Kelainan Kulit

 

 

Abstract: Based on resultsof theinterviewsubjectsis know thatof skin disorderswithsome of theteachersatSMK N 2Ponorogoobtainedinformationthatstudents are lessengagedinthe course.Lack ofstudent involvementdueto thechangefromjunior highstudentsto pursuevocationalcreatelessinteractionbetween friendsso thatstudentlearning systemas an information centerdid notmaterialize. That problem was to be the reason of researcher to use cooperative learning model type of TPS. This research aims to know; 1) students learning achievement, 2) realization of learning model type of TPS, 3) students social skill, 4) student response. Type of this research was pre-experiment by using research design one group pretest posttest. Research subject were grader X SMKN 2 Ponorogo as many 28 students. Research instrument were test question sheet, observation sheet, and questionnaire sheet. Fordata analysisusingdescriptiveandresearchusingthe t test(t-test) withSPSSprogram. Result of this research shows that 1) students learning achievement at pretest obtained 52.1 and at post test 82.1. score of t-test significant 0,000 (a 0,05)in 15.771 shows that there was significant effect of before and after the use of cooperative learning model type of TPS toward learning achievement of knowledge skin abnormality at grade X skin care in SMK Negeri 2 Ponorogo. 2) The realization of cooperative learning model type of TPS performed good which including introduction, main activity, and closing. 3) Students social skill observed by 4 observers in SMK Negeri 2 Ponorogo make students actively and obtained good category. 4) Students response of using cooperative learning model was categorized very good.

 

Keywords: cooperative learning model type of TPS, knowledge of skin abnormality

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-01-30

How to Cite

NAWIDYA PUTRI, N. (2014). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KELAINAN KULIT KELAS X KECANTIKAN KULIT DI SMK NEGERI 2 PONOROGO. Jurnal Tata Rias, 3(01). https://doi.org/10.26740/jtr.v3n01.p%p
Abstract views: 15 , PDF Downloads: 77