MINAT KONSUMEN UNTUK PERAWATAN KULIT WAJAH DENGAN MENGGUNAKAN PERALATAN FACIALELECTRIC DI KECAMATAN KAMAL KABUPATEN BANGKALAN

Authors

  • RAYI NURESA GENGKI YULFIDHAR

DOI:

https://doi.org/10.26740/jtr.v3n03.8376

Abstract

Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang menjadi perhatian utama bagi setiap orang, baik pria maupun wanita, karena wajah merupakan hal pertama yang menjadi pusat perhatian bagi orang lain. Salah satu cara untuk mencegah masalah kulit adalah dengan melakukan perawatan wajah menggunakan facial electric. Facial electric ini memberikan hasil yang memuaskan dan lebih cepat terlihat hasilnya, diantaranya adalah mengencangkan kulit, menghilangkan kerutan dan melancarkan peredaran darah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat konsumen dalam perawatan wajah menggunakan facial electric dan mengetahui keunggulan dari facial electric. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan mengelompokkan data sesuai kualifikasi, jenis, sifat, atau kondisinya sesuai dengan buku Arikunto. Sasaran penelitian ini adalah konsumen Dimas salon dan House Of Linda yang berjumlah 40 konsumen. Metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara pemilik salon dan chapster juga menggunakan kuisioner untuk konsumen salon.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik berdasarkan pendekatan kuantitatif, dengan obyek yang diteliti adalah konsumen salon kecamatan Kamal, pemilik, dan chapster salon. Hasil penelitian ini adalah berupa hasil respon konsumen dilihat dari faktor budaya rata-rata 63,13% menyatakan setuju, pada faktor sosial rata-rata 61% konsumen menyatakan setuju, dan dilihat dari faktor pribadi rata-rata 59,17% menyatakan setuju, juga pada faktor psikologis rata-rata ada 55% konsumen menyatakan setuju. Adapun hasil wawancara, menyatakan bahwa pemilik salon dan chapsternya mengetahui prosedur dan keunggulan facial electric sehingga konsumen juga mengetahui keunggulan peralatan facial electric.Kesimpulan pertama dari penelitian ini adalah menyatakan bahwa konsumen berminat menggunakan peralatan facial electric dalam perawatan wajah.Kedua adalah konsumen mengetahui keunggulan peralatan facial electric.

Kata Kunci : Minat Konsumen, Perawatan Kulit Wajah, Facial Electric

 

Abstract

Face is a part of body which has the most attention for everyone, men or women, because face is the first center of interest for other people. One of method to prevent skin face problem is by performing face treatment using electric facial. Electric facial equipment give satisfying result and the result is seen faster. It includes skin face tightening, removing face wrinkle, and smoothing the blood flows. The aims of this research were to know consumer interest on face treatment using electric facial and to know the advances of electric facial. Type of this research was descriptive quantitative by grouped data as qualification, type, characteristic, or condition according to literature of Arikunto. Objects of this research were consumer of Dimas Salon and House of Linda as much as 40 consumers. Data collecting method were by interviewing the owner and stylists, also used questionnaire for consumers. Data analysis technique used was statistic based on quantitative approach, while object researched were salon consumers at sub district of Kamal, the owner, and salon stylists. Results of this research are responses of consumers viewed from cultural factor has mean 63.13% stated agree, at social factor has mean 61% stated agree, at personal factor has mean 59.17% stated agree, and at psychology factor has mean 55% stated agree. Result of interview stated that the owners and stylists had known the procedure and advantages of electric facial equipment, thus consumers also knew too. The first conclusion of this research is stated that consumer interested on using electric facial equipment in face treatment. The second is consumers knew the advantages of electric facial equipment.

Keywords: consumer interest, face treatment, electric facial

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-06-23

How to Cite

NURESA GENGKI YULFIDHAR, R. (2014). MINAT KONSUMEN UNTUK PERAWATAN KULIT WAJAH DENGAN MENGGUNAKAN PERALATAN FACIALELECTRIC DI KECAMATAN KAMAL KABUPATEN BANGKALAN. Jurnal Tata Rias, 3(03). https://doi.org/10.26740/jtr.v3n03.8376
Abstract views: 273 , PDF Downloads: 290