RIASAN WAYANG WONG TOKOH RAHWANA DAN ANOMAN KISAH RAMAYANA DI TAMAN HIBURAN RAKYAT SURABAYA

Main Article Content

INDAH SETYOWATI

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk 1)Mengetahui alat dan bahan kosmetik yang digunakan, 2)Tahapan riasan, 3)Hasil riasan, 4)Busana dan aksesoris tokoh Rahwana dan Anoman. 5)Interpertasi seniman terhadap riasan Rahwana dan Anoman. Jenis penelitian adalah  deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan riasan wayang wong  meliputi alat dan bahan, riasan wajah, busana,aksesoris dan interpertasi seniman terhadap riasan tokoh Rahwana dan Anoman di THR Surabaya dengan tiga teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data disajikan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian adalah: 1)Alat dan bahan kosmetik yang digunakan masih tradisional yaitu alat tradisional welat dan bahan kosmetik tradisional singwit. 2)Tahapan riasan Rahwana: a)mengaplikasikan singwit merah pada wajah, b)membentuk taring dengan bentuk runcing pada bagian sisi kanan dan kiri,c)membentuk riasan pada kelopak mata warna hitam dan pada sudut warna putih, d)membentuk alis tegas, dan e)membentuk kerutan wajah bagian hidung dan bawah mata dengan warna hitam. Tahapan riasan tokoh Anoman: a)mengaplikasikan singwit warna putih pada wajah, b)membentuk alis melengkung dan kerutan wajah bagian hidung dan pipi,c)membentuk riasan mata dengan warna hitam pada sudut mata d)memasang bibir palsu. 3)Hasil riasan wayang wong tokoh Rahwana yaitu alis thelengan tajam dan tebal, riasan mata plelengan (mata raksasa), riasan hidung dempok, dan riasan taring(gusen). Tokoh Anoman yaitu riasan mata kapi, alis luruh(tonggeng), dan riasan hidung pesekan. 4)Penggunaan busana dan aksesoris tokoh Rahwana: kain motif parang barong (besar), celana monte, makhuta dan praba, yang bermakna Rahwana adalah raja raksasa. Tokoh Anoman: kain motif poleng, dan gelung supit urang yang bermakna identitas Anoman Kesatria. 5)Interpertasi seniman terhadap riasan tokoh Rahwana dan Anoman adalah riasan yang dibuat berdasarkan pemahaman karakter tokoh dan mengacu pada bentuk wayang kulit sehingga riasan pada tokoh Rahwana menunjukkan karakter angkaramurka dan riasan tokoh Anoman menunjukkan karakter kesatria kera.


Kata Kunci: Riasan Rahwana dan Anoman THR Surabaya


 


 


Abstract: This research aims to know (1) tool and cosmetic material used in wayang wong : (2)  makeup stages; (3) result of makeup; (4) custom and accessories character of  Rahwana  and Anoman; (5) interpretation of artists on makeup of the character of Rahwana and Anoman. This is a descriptive qualitative research. It means this research descript  makeup of wayang wong that consist of tool and material, face makeup, custom, accessories, and interpretation of artists on character of  Rahwana and Anoman in THR Surabaya with three data collection technique that is interview, observation, and documentation. Data analysis is provided in descriptive form.Result of the research  about make up of Rahwana and Anoman in THR Surabaya is (1) tool and material of cosmetic used in wayang wong  is still traditional that is traditional tool of welat  and cosmetic traditional material of singwit; (2) stages of makeup of Rahwana : a) applying red singwit on face, b) forming sharp canine   on left and right of mouth, c) forming black makeup on eyelid and white on corner of the eyes, d) forming firm eyebrows, and e) forming black facial wrinkles on nose parts and below the eyes. Stages of makeup of Anoman : a) applying white singwit  on face, b) forming  warped eyebrows and facial wrinkles on nose and cheek parts, c) forming eye makeup with black color on corner of the eyes and d) installing fake lips; (3) result of makeup of Rahwana is  sharp and bold eye brows (thelengan), makeup of eyes (plelengan /  giant eye) , makeup of nose (dempok), and make of canine (gusen). Result of makeup of Anoman is eye (kapi), eyebrows (luruh/tonggeng), and nose (pesekan); (4) the use of custom and accessories of Rahwana : motif fabric of parang barong , pants of monte, makhuta,  and praba meaning Rahwana is a giant king. Character of Anoman : motif fabric of poleng, and gelung supit urang meaning identity of Anoman as a knight; (5) interpretation of artists to makeup of Rahwana and Anoman is  this makeup is made based on comprehension of the characters and refers to wayang wong  form so that makeup of Rahwana indicates character of insolence and makeup of Anoman indicates character of ape knight.


Keywords: makeup of Rahwana and Anoman, THR Surabaya

Article Details

Section
Articles