APPLICATION OF B. WARREN’S MODEL TO POLITICAL EUPHEMISMS IN UNITED STATES PRESIDENTIAL DEBATE 2012

  • ANDIK PRASETYO

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penggunaan eufemisme dalam debat politik. Dalam debat politic, eufemisme membantu kandidat presiden untuk membuat bahasa yang lebih baik dengan menggunakan kata-kata yang santun (nyaman) dalam rangka untuk mendapatkan suara dari pemilih. Dalam penelitian ini menggunakan debat presiden Amerika Serikat tahun 2012 yang mana debat presiden adalah bagian dari proses kampanye untuk pemilihan presiden. Debat tersebut disiarkan secara resmi dalam program televisi CNN. Kandidat presidennya adalah Barack Obama dan Mitt Romney. Penelitian ini fokus pada ucapan Obama, karena Obama sering menggunakan euphemism dalam debat tersebut dan dia keluar sebagai pemenang dalam pemilihan presiden Amerika 2012. Jadi, penelitian ini difokuskan untuk mengidentifikasi tipe dari eufemisme yang digunakan oleh Barrack Obama. Model eufemisme Warren diambil untuk menganalisa cara yang digunakan Obama untuk membentuk eufemisme dalam ucapannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam rangka untuk mendapatkan penjelasan sejelas-jelasnya melalui teori Warren dan Laura. Penelitian ini difokuskan pada debat presiden Amerika 2012. Sebagai data adalah ucapan-ucapan Obama yang mengandung eufemisme. Hasil dari tipe pembentukan eufemisme yang digunakan Obama adalah alat formasi kata, kata pinjaman and proses perubahan semantik.

Kata kunci: eufemisme,debat politik, fungsi eufemisme

Abstract

The aim of this study is to explore the use of euphemism in political debate. In politic, euphemism helps the candidates to make a better language by using comfort words in order to get vote from the voters. The debate is United State Presidential Debate 2012 which is part of campaign process for presidential election. Those debate was broadcast live on CNN television officially. The president candidates were Barack Obama and Mitt Romney. This study focused on Obama’s utterances because he often use euphemisms and he came out as the winner in the presidential election 2012. So, this study focused to identify the types of euphemism used by Barack Obama. The Warren’s model of euphemism was taken to analyze the types/device to form Obama’s euphemism. This study using qualitative method in order to get clearer explanantion through Warren and Lauras’s theory. This study focused on U.S presidential debate 2012. The data was Obama’s  utterances which contain euphemisms. The result of the euphemism types were word formation device, loan word and semantic innovation process.

 

Key words : euphemism, political debate, function of euphemism.

Published
2015-01-22
How to Cite
PRASETYO, A. (2015). APPLICATION OF B. WARREN’S MODEL TO POLITICAL EUPHEMISMS IN UNITED STATES PRESIDENTIAL DEBATE 2012. LANGUAGE HORIZON, 3(1). https://doi.org/10.26740/lh.v3n1.p%p
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 282