SPEAKERS’ SWEARING IMPACT TO THE INTERLOCUTORS IN TED MOVIE

  • ZUANITA ARIFIN

Abstract

Abstrak

Kata makian digunakan untuk mengekspresikan perasaan marah, jengkel, atau frustasi (McEnery, 2006). Hal ini terlihat di film Ted yang menggunakan banyak kata makian. Penelitian ini menganalisis dampak penggunaan kata makian tersebut terhadap lawan bicara di film Ted. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisis dialog yang berisi kata makian yang diucapkan oleh delapan pemain di film Ted. Instrumen dari penelitian ini adalah peneliti yang menggunakan laptop, GOM player, dan headset untuk membantu mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga dampak dari penggunaan kata makian tersebut terhadap lawan bicara, yaitu posotif, negatif, dan netral.  Selain itu, dapat diketahui juga bahwa lawan bicara menaati dan melanggar maxim dari cooperative principles.

Kata kunci: Kata makian, lawan bicara, dan film Ted.

 

Abstract

Swearwords are used to express anger feeling, annoyance, or frustration (McEnery, 2006). This could be seen in Ted movie which used many swearwords. This research analyzed the speakers’ swearing impact to the interlocutors in the movie. It used descriptive qualitative method. The data collection was done by gathering and analyzing the dialogue which contain of swearwords among the eight characters in Ted movie. The instrument was the researcher who used a laptop, GOM player, and the earphone to help the researcher collecting the data. The findings showed that there were three impacts of speakers’ swearing. They were positive, negative, and neutral. Moreover, the interlocutors were found to invoke and flout the maxims of cooperative principles.

Keywords: Swearwords, interlocutor, and Ted movie.

Published
2015-05-26
How to Cite
ARIFIN, Z. (2015). SPEAKERS’ SWEARING IMPACT TO THE INTERLOCUTORS IN TED MOVIE. LANGUAGE HORIZON, 3(1). https://doi.org/10.26740/lh.v3n1.p%p
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 50