TRANSGENDER IN JULIE ANNE PETERS’ LUNA

  • ANNASTASYA TYANDIAS KUSUMA

Abstract

Abstrak

Transgender mengacu pada imajinasi terluas dari praktek dan identitas variasi gender. Karangan Julie Anne Peters, Luna mempersembahkan cerita tentang transgender remaja dari lensa orang normal. Karya sastra ini memiliki banyak konflik yang dialami oleh transgender. Konflik-konflik itu menimbulkan tiga masalah utama, (1) Bagaimana transgender direfleksikan di Luna, (2) Apa saja penyebab menjadi transgender di Luna, (3) Apa saja dampak menjadi transgender di Luna. Data studi ini diambil dari novel sebagai sumber utama dan membaca secara intensif untuk ke tahap selanjutnya yaitu analisis. Konsep yang digunakan untuk mengungkap masalah pertama adalah kriteria diagnosa untuk gangguan identitas gender yang dikutip dari The Diagnostic Manual and Mental Disorder, Fourth Edition (2000). Untuk menjawab masalah kedua dan ketiga, studi ini menggunakan teori transgender oleh Susan Stryker. Selain itu, studi ini menggunakan penelitian perpustakaan, analisis, dan deskripsi. Penelitian perpustakaan digunakan untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan. Analisis digunakan untuk menganalisis data yang telah dikumpulkan berdasarkan pada teori. Deskripsi digunakan untuk mendeskripsikan hasil dari analisis. Hasil dari analisis refleksi transgender di Luna memenuhi kriteria diagnosa untuk gangguan identitas gender yang terdiri dari empat gangguan. Analisis penyebab menjadi transgender di Luna menemukan bahwa Liam O’Neill adalah contoh dari variasi XYY kromosom, penyebab lainnya adalah budaya dan struktur otak. Analisis dampak transgender di Luna menemukan adanya dampak positif dan negatif. Walaupun Liam O’Neill adalah objek penganiyayaan dan memiliki gangguan kegelisahan berlebihan, dia peduli pada Luna dan mencapai tujuan hidupnya, yaitu menjadi perempuan di dalam dan di luar.

Kata Kunci: Transgender, Gangguan Identitas Gender, Gender.

 

Abstract

Transgender refers to the widest imaginable range of gender-variant practices and identities. Julie Anne Peters’ Luna presents the story of transgender teen through the lens of a straight. This literature work has many conflicts that transgender people experienced. It is raised three major problems, (1) How is transgender reflected in Julie Anne Peters’ Luna, (2) What are the causes of becoming transgender in Julie Anne Peters’ Luna, and (3) What are the impacts of being transgender in Julie Anne Peters’ Luna. The data of the study is taken from the novel as main source and intensive reading to the next step of analysis. The used concept to reveal first statement of problem is diagnostic criteria for gender identity disorder cited from The Diagnostic Manual and Mental Disorder, Fourth Edition (2000). To answer the second and the third problems, the study used theory of transgender by Susan Stryker. Moreover, the study used library research, analysis, and description. Library research is used to college data needed. An analysis is used to analyze the collected data based on the theory. Description is used to describe the result of analysis. The result of the analysis of transgender reflection in Luna completing the diagnostic criteria for gender identity disorder which contains four disturbances. The analysis of causes becoming transgender in Luna finds out that Liam O’Neill is an example of XYY variation of chromosomes, other causes are culture and brain structure. The analysis of impacts being transgender in Luna finds out the positive and negative impacts. Though Liam O’Neill is an object of abusing and getting anxiety disorder, he concerns with Luna and reaches his goal in life, that is being girl inside and outside.

Keywords: Transgender, Gender Identity Disorder, Gender.

Published
2015-05-26
How to Cite
TYANDIAS KUSUMA, A. (2015). TRANSGENDER IN JULIE ANNE PETERS’ LUNA. LANGUAGE HORIZON, 3(1). https://doi.org/10.26740/lh.v3n1.p%p
Abstract Views: 238
PDF Downloads: 688