SOCIAL ATTRIBUTE OF AGE IN “SPANGLISH” MOVIE: ACCOMMODATION THEORYPERSPECTIVE

  • LUTHFIANA SOFIA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini berkaitan dengan teori akomodasi yang dikemukakan oleh Giles dan Coupland (1991). Dalam hal ini, fonologi menjadi titik fokus penelitian yang membahas mengenai “bagaimana” dan “mengapa” imigran mengaplikasikan proses akomodasi.  Sebuah modifikasi pada proses fonologis digunakan guna mengetahui berbagai macam sebab dan akibat yang dapat ditimbulkan dari pengaplikasian strategi akomodasi. Sebagai dampak dari sebuah adaptasi pada proses pembelajaran bahasa asing, berbagai macam strategi akomodasi yang berbeda akan tampak sejalan dengan kemampuan berbahasa Inggris yang dimiliki oleh masing-masing imigran. sebagai contohnya, setiap orang akan menggunakan proses fonologi yang bermacam-macam seperti penggantian, penyisipan serta penyederhanaan penumpukan konsonan. Pada akhirnya, penelitian ini menunjukkan bahwa usia yang berbeda mempengaruhi kemampuan seseorang dalam mempelajari sebuah bahasa karena pada usia tertentu otak manusia akan bekerja sesuai dengan kapasitas yang berbeda. Oleh sebab itu, terdapat periode usia tertentu dimana dalam jangka waktu tersebut seseorang berada dalam masa pertumbuhan kemampuan otak yang kritis. Sebagai hasilnya, seseorang dapat memahami arti pentingya penggunaan  dari bahasa asing. Untuk melakukan penelitian ini, data diperoleh dari dua karakter pada film “Spanglish,” dimana sebagai imigran mereka harus beradaptasi terhadap bahasa asing Amerika Inggris.

Kata Kunci: speech accommodation theory, convergence and divergence strategies, language variation, phonological process, critical period.    

Published
2015-05-31
How to Cite
SOFIA, L. (2015). SOCIAL ATTRIBUTE OF AGE IN “SPANGLISH” MOVIE: ACCOMMODATION THEORYPERSPECTIVE. LANGUAGE HORIZON, 3(1). https://doi.org/10.26740/lh.v3n1.p%p
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 113