REVEALING ALADEEN’S AND NADAL’S LANGUAGE STYLE THROUGH ALADEEN’S IDENTITY IN THE DICTATOR MOVIE

  • ALIEFIO ANDREAN

Abstract

Abstrak

Bahasa merupakan hal yang penting dalam kehidupan sehari hari. Seiring dengan label manusia sebagai makhluk sosial, maka manusia memerlukan interaksi satu sama lain. Dalam melakukan interaksinya, manusia memerlukan bahasa sebagai alat untuk menyampaikan perasaan, pemikiran, dan emosinya. Pemilihan gaya bahasa tentunya diperlukan agar tujuan dan maksud dari interaksi dapat tersampaikan dengan baik. Identitas sosial seseorang tentunya mempengaruhi gaya bahasa orang tersebut dangaya bahasa lawan bicaranya karena sebuah bahasa umum dapat digunakan sebagai alat yang ideal untuk menunjukkan karakter unik dari sebuah grup sosial, dan untuk membentuk ikatan sosial pada identitas umum dasar. Dieckhoff, (2004). Peneliatian ini dilakukan untuk mengerti hubungan antara bahasa dan identitas, lebih dalam lagi penelitian ini juga mengangkat hubungan antara bahasa dan identitas di ranah kekuasaan dari bahasa. Pada umumnya semua kekuasaan pada akhirnya harus menggunakan bahasa, untuk memerintah, yang mana ketika menyampaikan sesuatu semuanya harus mendengar dan menaati saja. Weiß & Schwietring, (2014). “The Dictator” adalah subjek yang dianggap cocok untuk dianalisis karena cerita dari film ini menggambarkan keadaan perubahan identitas yang mana juga merupakan perubahan kekuasaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengerti hubungan dari identitas, bahasa dan kekuasaan pada ucapan Aladeen sebagai diktator dan dibuktikan menggunakan teori “Social Identity” dan “Five Clocks”. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskriptif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa identitas dari Aladeen tidak mempengaruhi gaya bahasa nya tapi disisi lain mempengaruhi gaya bahasa dari lawan bicaranya (Nadal) setelah di analisis menggunakan “three mental processes” dari teori “Social Identity” oleh Tajfel, (1979) dan dicocokkan dengan teori “Five Clocks” oleh Joos, (1967). Sehingga dapat disimpulkan bahwa casual style adalah gaya bahasa yang merupakan ciri khusus dari seseorang yang memiliki identitas sebagai diktator.

Kata Kunci: Identitas sosial, Sosiolinguistik, Gaya bahasa, Diktator        

Abstract

Language is an important thing in human’s everyday life. In line with the label of human as social creatures, they need interaction each other. In doing this, human needs language as a tool for delivering feelings, thought and emotion. The choice of language style is needed for reaching the goal of the interaction well. Social identity of people might be influencing people’s language style and their interlocutor’s language style because a common language can be the ideal vehicle to show the unique character of certain social group and to encourage social ties in basis common identity. Dieckhoff, (2004). This study is done to understand the connection of language and identity, deeper this study is also dealt with the connection of language and identity in the terms of power of the language. In common all power must finally use language, be conveyed through it, to command, which when speaking other must only hear and obey. Weiß & Schwietring, (2014). “The Dictator’ is the appropriate subject since the story is about the change of identity which means the change of power. This study is done to understand the connection with identity, language, and power in Aladeen’s utterances as the dictator and also Nadal’s utterances as his interlocutor using Social identity and Five Clock theory. The method that is used I the study is descriptive qualitative. From the analysis it is found that  Aladeen’s Identity did not affect Aladeen’s language style but in other hand influence his interlocutor’s (Nadal) language style after the analysis using three mental processes from social identity theory and matched with “Five Clocks” by Joos, (1967). It can be conclude that Dictator identity has casual style as it’s unique character.

Keywords:social identity, sociolinguistics, language style, The Dictator

Published
2015-05-31
How to Cite
ANDREAN, A. (2015). REVEALING ALADEEN’S AND NADAL’S LANGUAGE STYLE THROUGH ALADEEN’S IDENTITY IN THE DICTATOR MOVIE. LANGUAGE HORIZON, 3(1). https://doi.org/10.26740/lh.v3n1.p%p
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 302