The Use of Slang Words by Gamers in the Game Online

  • GALIH YOGA SURYANTO

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengidentifikasi jenis-jenis slang yang digunakan oleh gamers dalam komunitas game online, (2) memahami konteks dalam penggunaan slang words oleh gamers, (3) mengungkap alasan penggunaan slang words oleh gamers, (4) menganalisis dampak penggunaan slang words terhadap gamers lainnya. Penelitian ini menggunakan kajian dari beberapa konsep yakni, konsep Zotevska tentang ragam dan keunikan slang, yang akan didukung dengan konsep konteks sosial dan variasi bahasa yang dikemukakan oleh Hudson. Guna mendukung konsep penggunaan bahasa, penelitian ini akan menggunakan konsep Croft mengenai masyarakat penutur dan kaitan antara bahasa dengan masyarakat yang dikemukakanolehWardhaugh. Lebih jauh, penelitian ini akan didukung juga dengan konsep game online yang dirumuskan oleh Crawford serta Castranova. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini memilih subjek yang tergabung dalam komunitas “Clash World” dalam permainan Clash of Clans. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan online observation. Peneliti bergabung dalam komunitas yang dimaksud, serta interview yang dilakukan kepada gamers. Hasil penelitian ini menunjukkan, penggunaan slang words dalam komunitas game online Clash of Clans memiliki beberapa varian, antara lain: blending, acronyms, abbreviation, misspelling, swearing words. Lebih jauh, game online merupakan “rumah kedua” bagi gamers. Mereka bisa mendapatkan identitas baru di dalamnya. Beberapa modal simbolik yang bisa diraih dari game online ini (avatar, nama karakter, gaya bicara), mendukung gamers untuk merengkuh dan membentuk identitas barunya. Penggunaan slang dalam komunitas game online adalah sebuah variasi bahasa yang diperoleh dari kelompok penutur. Slang menjadi berbeda dari bahasa konvensional dan bahasa formal, dan ini hanya bisa dipahami oleh seluruh anggota komunitas game online “Clash of Clans”.

Kata Kunci: slang, variasi bahasa, game online, identitas virtual

 

Abstract

The aims of this study are to: (1) identify the types of slang used by gamers in the online gaming community, (2) understand the context of the use of slang words by gamers, (3) uncovering the reason for the use of slang words by gamers, (4) analyze the impact of the use of slang words against other gamers. The concept used in this study is slang diversity and uniqueness by Zotevska, which is supported by the concept of social context and variation of language. This study used qualitative methods, and subject of this study are the members of the community "Clash World" in the game Clash of Clans. Data was collected by online observation. The researchers joined the community in question, as well as interviewed gamers. The results of this study showed that the use of slang words in the online gaming community Clash of Clans had several variants, among others: blending, acronyms, abbreviation, misspelling, swearing words. Furthermore, online gaming is a “secondary home" for gamers, in which they get a new identity. This study concluded that various symbolic capital to be gained from online games (avatar, character names, style of speech), supporting gamers to embrace and form a new identity. The use of slang in the online gaming community was a variety of language that come from a group. Slang as a language that is different from the conventional order of language, was only understood by members of the "Clash of Clans" community.

Keywords: slang, language variation, online game, virtual identity

Published
2016-01-14
How to Cite
YOGA SURYANTO, G. (2016). The Use of Slang Words by Gamers in the Game Online. LANGUAGE HORIZON, 4(1). https://doi.org/10.26740/lh.v4n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 355
PDF Downloads: 402