Discourse Markers in The Top Five Brands’ Slogan on Website Advergize.Com

  • MUHAMMAD FAUZI SUSILO HAMID

Abstract

Abstrak

Penelitian ini pada dasarnya mempermasalahkan cara slogan dari merek-merek terkenal untuk dapat bertahan dan bahkan berkembang luas karena keberhasilan merek tidak bisa dilepaskan dari slogannya. Slogan memiliki dampak untuk membuat merek menjadi terkenal seperti yang didaftar oleh advergize.com. Oleh karena itu, sangat penting untuk melihat slogan-slogan sebagai bagian penting dari branding, terutama jika dilihat dari wacana dibalik slogan-slogan tersebut. Deborah Schiffrin menjelaskan wacana melalui penandanya; bahasa (struktur), makna (semantik/bahasa kiasan) dan konteks sosial, yang kemudian dapat dipermasalahkan menjadi tiga pertanyaan; (1) bagaimana bentuk kalimat yang digunakan dalam slogan lima merek yang ada di website advergize.com? (2) bagaimana makna ditemukan dalam slogan lima merek yang ada di website advergize.com? dan (3) Bagaimana konteks sosial membentuk wacana di slogan lima merek yang ada di website advergize.com? Metode yang digunakan adalah kualitatif dan data yang diambil berasal dari lima merek yang didaftar oleh website. Data diklasifikasikan dan kemudian dianalisis. Berdasarkan apa yang peneliti menemukan dalam analisis ini, slogan-slogan dari merek-merek terkenal di atas memiliki tiga penanda seperti yang telah diuraikan secara teoritis dan ketiganya saling terhubung satu sama lain; linguistik, makna, dan konteks sosial. Akhirnya, ditemukan bahwa penanda wacana dapat mempengaruhi keberhasilan slogan karena di balik slogan-slogan, ada kekuatan dan kekuasaan yang mengacu pada wacana di balik itu.

Kata kunci: slogan, penanda wacana, bahasa, makna dan konteks sosial.

 

 

Abstract

This study basically problematizes the way slogans of famous brands can survive and even expand broadly because the success of brands cannot be released from its slogans. The slogans have the impact to make the brands to be famous as it is enlisted by advergize.com. Therefore, it is very important to see slogans as the major part of branding, especially if it is seen from the discourse behind the slogans. Deborah Schiffrin clarifies discourse through its markers; language (structure), meaning (semantic/figurative language) and social context. Thus, it can be problematized in to three questions; (1) how is the form of sentence used in the top five brands’ slogan on website advergize.com? (2) how is the meaning found in the top five brands’ slogan on website advergize.com? and (3) How does the social context form the discourse in the top five brands’ slogan on website advergize.com? The method that is used qualitative and the data are taken occasionally from the top five brands listed by the website. The data are classified and then it is analyzed. Based on what the researcher finds in this analysis, the slogans of the top famous brands own three markers as it has been elaborated theoretically and those three are connected to each other; they are linguistics, meaning, and social contexts. Finally, it is found that discourse markers can affect to the success of the slogans because behind the slogans there is power and the power refers to the discourses behind it.

Keywords: slogan, discourse markers, language, meaning and social context.

Published
2016-01-19
How to Cite
FAUZI SUSILO HAMID, M. (2016). Discourse Markers in The Top Five Brands’ Slogan on Website Advergize.Com. LANGUAGE HORIZON, 4(1). https://doi.org/10.26740/lh.v4n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 39