INDIRECT SPEECH ACTS OF THE MAIN CHARACTER OF THE FAULT IN OUR STARS MOVIE

  • ELVA ROSYANA E

Abstract

Abstrak

Tindak tutur tidak langsung adalah sebuah permasalahan umum dalam percakapan yang terkadang membingungkan atau membuat percakapan tersebut menjadi gagal apabila sebagai pendengar tidak dapat menangkap makna implisit dari apa yang diucapkan oleh penutur. Dengan mempertimbangkan ekspresi wajah, nada bicara, konteks, situasi percakapan, dan interpreatasi penelitian berikut mencoba menemukan makna implisit dari penutur dengan menggunakan media film The Fault in Our Stars. Pada penelitian ini, hanya tindak tutur tidak langsung oleh Hazel sebagai pemeran utama dalam film tersebut yang dijadikan subyek penelitian. Selain itu, penelitian ini juga meneliti susunan ujaran Hazel yang tergolong tindak tutur tidak langsung berdasarkan fungsi bicaranya. Dalam melaksanakan penelitian ini, metode deskriptif kualitatif dipilih karena data dari penelitian ini berupa percakapan yang mana membutuhkan interpretasi makna secara deskriptif. Dengan menggunakan media dan metode tersebut, penelitian berikut menemukan hasil yang dapat disimpulkan bahwa tindak tutur tidak langsung yang diucapkan oleh Hazel lebih banyak ia gunakan untuk tujuan kesopaman, dan untuk tujuan lainnya ia gunakan untuk memberikan kekuatan pada makasud yang ia sampaikan. Penelitian ini juga menemukan bahwa cara Hazel menyusun ujaran dalam bentuk tindak tutur tidak langsung berbeda dengan tujuan sebenarnya yang ia hendak maksudkan. Contohnya, ia menggunakan kalimat tanya untuk membuat pernyataan. Dari 16 data ujaran tindak tutur tidak langsung yang telah diteliti, ditemukan 11 diantaranya dimaksudkan untuk tujuan direktif, 2 lainnya dimaksudkan untuk ekspresif, dan 3 lainnya dimaksudkan untuk tujuan deklarasi, representatif, dan komisif.

Kata Kunci: tindak tutur tidak langsung, makna implisit, struktur ujaran

 

Abstract

Indirect speech act is one common issue in conversation that sometimes confusing or making the conversation failed if the hearer can not catch the intended meaning of what the speaker is said. By considering facial expression, tone of speaking, context, speech situation, and interpretation, this study attempted to find out the intended meaning of the speaker by using media The Fault in Our Stars movie. This study only analyzed Hazel’s indirect speech acts as the main character of the movie. Also, this study was attempted to find out the structure of Hazel’s indirect speech act based on the speech function. In conducting the study, descriptive qualitative method was used because it analyzed the data in the form of conversation that need to be interpreted the meanings descriptively. By using that media and method, the study presented finding that all of the Hazel’s indirect speech acts were mostly purposed for politeness, and for another purpose it is aimed for giving force of the message. This study also found that the way Hazel constructed her indirect speech act is different from the purpose she tried to convey. For example, she used interrogative sentence to function it for making statement. From 16 data of indirect speech act utterances that have been analyzed, it was found that 11 of those were functioned as directive, 2 others were expressive, and 3 others were declaration, representative, and commissive.

Keywords: indirect speech act, intended meaning, structure of the utterance  

 

 

 

Published
2016-05-14
How to Cite
ROSYANA E, E. (2016). INDIRECT SPEECH ACTS OF THE MAIN CHARACTER OF THE FAULT IN OUR STARS MOVIE. LANGUAGE HORIZON, 4(2). https://doi.org/10.26740/lh.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 106
PDF Downloads: 183