GESTURES AND FACIAL EXPRESSIONS USED IN “THE ELLEN SHOW”

  • AGNESIA EKA PUTRI FEBRIANI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dimana penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan kasus dari peneltian ini dengan kata-kata atau kalimat yang lebih banyak daripada angka-angka. Data akan ditampilkan dalam bentuk tabel dan cuplikan tertentu dari acara bincang-bincang “The Ellen Show”. Cuplikan-cuplikan tayangan tersebut akan dijelaskan berdasarkan referensi yang berhubungan dengan penelitian ini.

Berdasarkan data analisis dan temuan-temuan dalam bab sebelumnya, penulis dapat menyimpulkan bahwa ada enam belas gerak-isyarat yang sering digunakan oleh Ellen selama programnya. Gerak-isyarat tersebut adalah menggerakkan mata, kombinasi tangan dan mata, jabat tangan dan pelukan, senyum, menggosok telapak tangan, tangan di pinggul, menunjuk, kaki disilang, membuat tanda petik, kewilayahan, kepemilikan, mengacungkan jempol, menggosok mata, bertopang dagu, menyentuh hidung dan tangan yang membentuk menara. Berdasarkan temuan-temuan tersebut, penulis boleh mengatakan bahwa gerak-isyarat dan ekspresi wajah yang digunakan oleh Ellen dalam acaranya dapat memfasilitasi pengetahuan kita untuk memahami apa yang Ellen maksudkan selama acaranya. Gerak-isyarat dan ekspresi wajah tersebut membantu Ellen untuk menyampaikan pesan yang dia coba sampaikan kepada tamu dan penontonnya. Mereka juga sesuai dengan kecerdasan Ellen, membuat acara bincang-bincang tersebut menjadi lebih menarik dan layak untuk ditunggu. Disamping itu, kita mampu mengidentifikasi makna sesungguhnya ketika dia mengekspresikan gerak-isyarat dan ekspresi wajahnya sesuai dengan teori Pease.

Kata kunci: bahasa tubuh, gerak-isyarat, komunikasi, acara bincang-bincang.

 

Abstract

 

This study is a descriptive qualitative study where it is designed to describe the case of the study by words or sentences rather than numbers. Data will be served as in table and frame of scenes from a certain episodes during “The Ellen Show” talk show. Those scenes will be explained according to a certain references which are connected to this study.

Based on the data analysis and findings in the previous chapter, the writer can conclude that there are sixteen gestures that are mostly used by Ellen during her show. Those gestures are eye rolling, combination hand and eye, handshake and hugging, smile, rubbing palm, hand on hip, hand pointing, crossed leg, apostrophe, territorial, ownership, thumb display, eye-rub, chin stroking, nose-touch and raised steeple. According to the findings above, the writer may say that gestures and facial expressions that are expressed by Ellen in her talk show can facilitate our understanding to undertsand what Ellen conveyed during the show. Those gestures and facial expressions help Ellen in delivering the meaning of what she tries to explain to her guests or audiences. They also fit to her intelligence, make the talk show becomes more interesting and worth waiting for. Beside, we can identify or reveal its meaning when she expresses her gestures and facial expressions according to Pease’s theory.

Keywords: body language, gesture, communication, talk show

Published
2016-05-15
How to Cite
EKA PUTRI FEBRIANI, A. (2016). GESTURES AND FACIAL EXPRESSIONS USED IN “THE ELLEN SHOW”. LANGUAGE HORIZON, 4(2). https://doi.org/10.26740/lh.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 1101