READER’S RESPONSE UPON 9GAG’S MEME BY LECTURERS IN ENGLISH DEPARTMENT

  • IFFATUR NYSSA PUTRI

Abstract

Abstrak

Humor adalah salah satu karya satra terkenal di dunia yang memeiliki cara yang unik untuk membuat orang tertawa. Karena tiap orang memiliki pemikiran yang berbeda tentang humor, tidak semua humor itu lucu bagi seseorang. Meskipun lelucon tersebut berisikan gambar yang lucu, terkadang pesan yang ingin disampaikan oleh si penulis tidak dapat tersampaikan sepenuhnya kepada para pembaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sebuah meme dalam lingkup pemahaman pembaca dengan menggunakan teori penerimaan. Transkripsi interview dan respon dosen terhadap meme merupakan data dari penelitian ini, sedangkan dosen merupakan subjek penelitian. Disamping itu, peneliti merupakan instrumen dari penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dengan menganalisis respon dan interpretasi para dosen, analisa dari penelitian ini menemukan bagaimana pembaca dapat mengerti ide dari meme yang mereka baca dan menemukan kelucuan dari meme tersebut. Hasil dari studi ini adalah respon yang diberikan oleh para dosen terdiri atas dua hal, yaitu penerimaan dan penolakan.

Kata Kunci: humor, teori penerimaan, respon pembaca

 

Abstract

Humor is one of famous literary works in the world which has a unique way to make people laugh. Since every person has different sense of humor, not every humor is funny for someone. Although the joke contains of a funny picture, the message from the author cannot be transferred fully to the reader. The aim of this study is to analyze a meme in the area of receptive skill by using the reception theory. Transcription of the interview and the lecturer’s response to the meme are the data and the lecturers are the subject of this study. Meanwhile, researcher is the instrument of this study. This study employs descriptive qualitative method. By analyzing the lecturers’ response and interpretation, the analysis of this study figured out how the readers can understand the idea of the meme and feel the sense of humor seeing the meme. The result of this study is the response of the lecturers towards the meme consists of acceptance and rejection.

Keywords: humor, reception theory, reader’s response

Published
2016-05-18
How to Cite
NYSSA PUTRI, I. (2016). READER’S RESPONSE UPON 9GAG’S MEME BY LECTURERS IN ENGLISH DEPARTMENT. LANGUAGE HORIZON, 4(2). https://doi.org/10.26740/lh.v4n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 41