Turn Taking Strategies Used in Masterchef Junior Season 3 in America TV Show

  • DEVI ERTANTI

Abstract

Abstrak

Percakapan merupakan sebuah bentuk dari komunikasi verbal yang terjadi diantara dua orang atau lebih di dalam suatu masyarakat. Percakapan merupakan salah satu jalur pilihan bagi masyarakat untuk berkomunikasi dengan masyarakt lainnya. Dengan demikian, alih bicara merupakan suatu sistem yang mengatur jalan dari sebuah percakapan untuk menghasilkan sebuah percakapan yang teratur. Penutur di dalam sebuah percakapan juga berpengaruh dalam pelaksanaan alih bicara. Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi – strategi alih bicara yang digunakan oleh juri dan peserta di dalam percakapan sesuai dengan teori Stenstrom (1994) dan juga menganalisa bagaimana cara juri dan peserta mengatur alih bicara dengan menggunakan teori yang sama. Kemudian menganalisa bagaimana alih bicara dalam percakapan dapat mempengaruhi adanya kekuasaan dan solidaritas di dalam percakapan. Hal ini ditinjau melalui dua aspek, sapaan berdasarkan teori dari Brown dan Gilman (1960) dan juga opini setuju dan ketidaksetujuan berdasarkan teori dari Tanen dan Kakava (1992).Metode deskriptif kualitatif digunakan di dalam penelitian ini untuk menganalisis data. Data yang digunakan di kumpulkan dan di transkrip secara manual dari video Masterhef Junior Sesi 3 yang diungguh melalui situs Youtube. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang paling banyak digunakan oleh para penutur adalah strategi pengambilan alih bicara. Pengambilan alih bicara dapat memimpin penutur untuk menyampaikan opini dan berdebat satu dengan yang lain. Kemudian, strategimempertahankan peralihan bicara digunakan untuk mengatur alih bicara di dalam percakapan. Juri merupakan orang yang berkuasa untuk mengatur jalannya percakapan. Tetapi, para peserta juga dapat mengatur alih bicara mereka dengan menggunakan interupsi. Terakhir, kekuasaan dan solidaritas yang ditemukan di dalam percakapan dibangun oleh para penutur melalui sapaan dan dalam memberikan opini.

Kata Kunci: analisis percakapan, strategi alih bicara, kekuasaan dan solidaritas

 

Abstract

Conversation is a verbal communication which engaged in a society between two people or more. It is one of the ways people communicate with others. Thus, turn taking is a system that controls the flow of the conversation in order to get a good conversation. The participants can also influence how turn taking engaged in the conversation. Children are not good turn-taker and it is one of the reasons to conduct this study. Masterchef Junior is one of cooking competition program in almost all over the world. The aims of this study are to analyze turn taking strategies which are used by the judges and the contestants in the conversation based on Stenstrom (1994), also find out how the judges and the contestants maintaining their turn by using the same theory from Stenstrom. Then find out turn taking strategies which influence the existence of power and solidarity in the conversation. There are two aspects, addressing based on Gilman and Brown (1960) and also in agreeing and disagreeing based on Tanen and Kakave (1992).The descriptive qualitative method is used in analyzed the data of this study. The data is collected and transcibed manually from the Masterchef Junior Season 3 video which downloaded from Youtube.The result of this study shows that, the most strategy which used by the participants is taking over strategy. Taking the turn leads the participants to deliver their opinion and argued one each other. Then holding the turn strategy is used in order to maintain the turn in the conversation. The judge is the one who mainly maintain the flow of the conversations. Therefore the contestants also maintain their turn by using interrupting. The last is power and solidarity which found in the conversation were built by the participants in they way they addressing and giving opinion.

Keywords:conversation analysis, turn-taking strategies, power and solidarity

 

Published
2016-07-26
How to Cite
ERTANTI, D. (2016). Turn Taking Strategies Used in Masterchef Junior Season 3 in America TV Show. LANGUAGE HORIZON, 4(3). https://doi.org/10.26740/lh.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 127