A Psycholinguistics Analysis of a Dyslexic Character in “Taare Zameen Par” Movie

  • BENY KHUMEYZIM .BM

Abstract

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan metode yang diterapkan untuk mengatasi seorang karakter disleksia di film Taare Zameen Par. Disleksia berhubungan dengan gangguan bahasa dan ketidakmampuan belajar yang dapat mempengaruhi kemampuan dalam membaca, menulis dan aritmatika. Kebanyakan anak disleksia memiliki masalah tersebut karena mereka tidak mengenali meteri dalam pembelajaran. Teori yang digunakan untuk masalah di penelitian ini yaitu teori Gillingham dan Stillman untuk memahami metode yang diterapkan oleh Mr. Nikum dalm mengatasi kesulitan belajar Ishaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk melakukan analisis data. Deskriptif kualitatif digunakan peneliti untuk menjelaskan setiap data yang lebih mendalam. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan dokumentsi sebagai instrumen dalam penelitian ini. Data yang disajikan dalam bentuk kata dan huruf dalam film Taare Zameen Par yang dikumpulkan tidak hanya dari naskah saja tetapi dari pikiran dan perkataan karakter utama juga. Dan hasil dari penelitian ini, Mr. Nikum  menerapkan metode Gillingham dan Stillman dan memberikan Ishaan beberapa variasi dari media pengganti dalam mengajar Ishaan untuk mengatasi kesulitannya. Akhirnya Ishaan pulih dari gejala disleksia dan dia dapat membaca, menulis dan melakukan perhitungan aritmatika seperti anak anak normal. Penelitian ini diharapkan dapat berguna untuk pembaca dan juga dapat menjadi refernsi untuk penelitian berikutnya.

 

Kata Kunci: disleksia, gangguan bahasa, ketidakmampuan belajar, persepsi

 

Abstract

The purpose of this study is to describe the method that are applied to overcome a dyslexic character in Taare Zameen Par movie. Dyslexia is related to language disorder and learning disability which can affect abilities in reading, writing, and arithmetic. Most of dyslexic children will have trouble in that abilities, because they are not familiar with the materials in learning. The theories that are applied for this research problem is Gillingham and Stillman’s theory in understanding the method which is applied by Mr. Nikum to overcome Ishaan’s learning difficulties. This study uses descriptive qualitative method in doing analysis the data. Descriptive qualitative is used by the researcher to get more details explanation from each data. To gain the data, the researcher uses documentation as the instrument of this study. The data are in the form of words and letters from Taare Zameen Par movie which are not collected from the script only, but also from the main character’s mind and speaks. And the result of this study, Mr. Nikum applies Gilingham and Stillman method and gives Ishaan some variants of substitute medium in teaching Ishaan to overcome the difficulties. Finally, Ishaan is recovers from dyslexia symptom and he can read, write and do arithmetic calculation like a normal children. This study are expected can be useful for the reader and also can be reference for the next researcher.

 

Keywords: dyslexia, language disorder, learning disability, perception

Published
2016-07-26
How to Cite
KHUMEYZIM .BM, B. (2016). A Psycholinguistics Analysis of a Dyslexic Character in “Taare Zameen Par” Movie. LANGUAGE HORIZON, 4(3). https://doi.org/10.26740/lh.v4n3.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 322
PDF Downloads: 3358