English Swearing among Teenagers in Instagram

  • DIANA CHOLIDAH

Abstract

Abstrak

Mengumpat merupakan salah satu fenomena yang muncul di masyarakat. Remaja adalah orang muda yang usianya berada dalam kisaran 13-19 tahun. Perkataan mereka sebagian besar berisi bahasa negatif atau disebut sebagai kata-kata umpatan. Hal ini untuk mengungkapkan penggunaan kata-kata umpatan di Instagram. Kata-kata umpatan biasanya diucapkan oleh orang dewasa di masyarakat. Saat ini, remaja juga cenderung melakukan umpatan. Hal tersebut dapat dilihat di Instagram para remaja yang mengekspos dengan menggunakan kata-kata yang cenderung berisi umpatan. Ada empat tema kata-kata umpatan seperti agama / tema supranatural, tema scatological, tema kegiatan seksual, dan tema ibu (keluarga). Dari Instagram, penelitian ini mencoba untuk menganalisis apa saja jenis kata-kata umpatan yang diucapkan dalam keadaan tertentu. Penelitian ini berisi 2 pertanyaan penelitian. Yaitu 1,Apa jenis kata-kata umpatan yang diucapkan oleh remaja di instagram yang seringdigunakan. Dan 2,bagaimana pembicara menggunakan kata-kata umpatan untuk menunjukkan kekuatan. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisis dialog yang mengandung kata-kata umpatan di kalangan remaja pada Instagram. Instrumen yang digunakan peneliti untuk membantu mengumpulkan data menggunakan ponsel dan laptop. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kata-kata umpatan di Instagram yang digunakan oleh remaja dikategorikan menjadi empat tema. Yaitu, tema agama /tema supernatural,tema scatological, tema kegiatan seksual, dan tema ibu (keluarga). Kategori-kategori yang diterapkan dalam empat keadaan. Seperti, untuk mengekspresikan kemarahan perasaan, frustrasi, kecelakaan, dan terkejut atau tidak terduga. Dari temuan, kata fuck cenderung diucapkan di dalam Instagram.

Kata kunci: Umpatan, Remaja, Instagram

Abstract

Swearing is one of phenomenon which appears in society. A teenager is a young person whose age falls within the range from 13–19. Their words mostly contain of negative language or it is called as swearwords.This paper is to reveal the use of swearwords in Instagram. Swearwords are usually uttered by adults in society. Nowadays, teenagers also tend to do swearing. This can be seen in Instagram which tends to expose teenagers who produce a lot of swearwords. There are four themes of swearwords such as religious/ supernatural theme, the scatological theme, the sexual activities theme, and the mother (family) theme.From Instagram, this research tries to analyze what types of swearwords which are uttered in particular circumstances. This study encloses 2 research questions. 1. What types of swearwords which are uttered by teenagers in instagram often produce and 2. How does the speaker use swearwords to show the power?. Descriptive qualitative method is used in this research. The data collection was done by gathering and analyzing the dialogs which contain of swearwords among teenagers in Instagram. The instrument was the researcher himself who uses a cellphone and laptop to help the researcher to collect the data.The findings from the research show that swearwords in Instagram which are used by teenagers are categorized into five themes. They are religious/ supernatural theme, the scatological theme, the sex organ theme, the sexual activities theme, and the mother (family) theme. Those categories are applied in four circumstances such as to express anger feeling, frustration, and surprised or unexpected accident. From the findings, fuck tend to be uttered in any circumstances in Instagram.

Keywords: Swearing, Teenagers, Instagram

 

Published
2017-01-18
How to Cite
CHOLIDAH, D. (2017). English Swearing among Teenagers in Instagram. LANGUAGE HORIZON, 5(1). https://doi.org/10.26740/lh.v5n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 88
PDF Downloads: 473