THE FACE-THREATENING ACTS ANALYSIS: DECLARATION OF LESBIAN, JENNY TOWARD HER FAMILY IN JENNY’S WEDDING MOVIE

  • SENDY YUNIKA INGGERANIDIA

Abstract

Abstrak

Bahasa merupakan sesuatu yang penting yang digunakan setiap orang untuk berinteraksi di masyarakat. Setiap kata yang diucapkan oleh penutur memiliki sebuah arti dan tujuan, baik secara langsung atau tidak langsung dan secara jelas atau samar. Setiap ungkapan memiliki potensial untuk mengancam muka. Segala sesuatu yang bertentangan dengan keinginan wajah penutur dan bagian perkataan adalah termasuk dalam tindak mengancam muka. Studi ini bertujuan untuk menganalisa tindak mengancam muka berdasarkan pada teori Brown dan Levinson.  Film “Jenny’s Wedding”adalah film 2015 American independent film yang ditulis oleh Mary Agnes Donoghue yang mengisahkan tentang Jenny, sebagai pemeran utama, seorang lesbian yang ingin mengungkapkan siapa sebenarnya dirinyayang selama ini dia sembunyikan, dan juga dia ingin menegaskan kepada keluarganya bahwa dia akan menikah dengan Kitty. Studi ini menginvertigasi bagaimana pengancaman muka yang dilakukan oleh Jenny terhadap keluarganya ketika dia memberitahukan bahwa dia seorang lesbian dan akan menikah, tujuannya, faktor apa saja yang menyebabkan Jenny menggunakan tindak mengancam muka dan bagaimana respon dari lawan bicaranya. Sebagai hasil, terdapat 24 tindak mengancam muka dari 3 bentuk tindak mengancam muka (tindak mengancam muka positif pendengar, tindak mengancam muka negatif pendengar, dan tindak mengancam muka positif penutur) dan 4 strategi mengancam (secara langsung, kesopanan positif, kesopanan negatif dan secara samar atau tidak langsung) telah ditemukan. Ada 3 faktor yang menyebabkan Jenny menggunakan tindak mengancam muka; kekuatan, jarak dan rangking posisi. Untuk respon dari lawan bicara Jenny, diam adalah respon yang paling banyak ditemukan dalam analisa.

Kata Kunci: Tindak Mengancam Muka, Strategi Pengancaman, Jenny’s Wedding Movie 

Abstract

Language is an important thing that people use to interact in society. Every word has a meaning and purpose, either directly or indirectly. In every speech must have the potential to threaten the face. Any action contrary to the face desired by the speaker and the spoken partner is included in the act of threatening the face. This study in purpose to analyze the face-threatening act based on Brown and Levinson’s theory. “Jenny’s Wedding” movie as a 2015 American independent film written by Mary Agnes Donoghue which is about Jenny as the main character, who is a lesbian coming out that she has been hiding about who she is, also asserts her family that she is going to get married with her partner, Kitty. This study investigated how face threatening constructed when Jenny declare that she is lesbian and going to get married toward her family, what the purpose, what the factor affecting and how the interlocutor’s responses. As the result, there are 24 threatening acts from 3 kinds of face-threatening acts (face-threatening acts the hearer’s positive face, face-threatening acts the hearer’s negative face and face-threatening acts the speaker’s positive face) and 4 main threat strategies (on-record or direct, positive politeness, negative politeness and off-record or indirect) were founded. The factors affecting Jenny’s use of threatening acts: the interlocutor, power, social distance, and ranking of imposition. The interlocutor’s response toward Jenny’s use of threats, silence was the most frequent response.

Keywords: Face Threatening Acts, Threat Strategies, Jenny’s Wedding Movie.   

Published
2017-09-11
How to Cite
YUNIKA INGGERANIDIA, S. (2017). THE FACE-THREATENING ACTS ANALYSIS: DECLARATION OF LESBIAN, JENNY TOWARD HER FAMILY IN JENNY’S WEDDING MOVIE. LANGUAGE HORIZON, 5(2). https://doi.org/10.26740/lh.v5n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 406