The Relation Between Text and Image Used in Printed Advertisement Revealed on The Message of Advertising

  • M. IVAN A. SUYANTO

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara teks dan gambar dalam iklan cetak dan juga untuk mengungkapkan pesan antara teks dan gambar dalam iklan cetak. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif karena data dianalisis secara statistik dan 14 iklan cetak dianalisis. Data dari penelitian ini adalah gambar dan teks yang ada dalam iklan cetak. Selain itu, dokumentasi juga digunakan untuk mengetahui bahwa teks dan gambar dalam iklan cetak mengungkapkan strategi pesan iklan.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa teks dan citra saling terintegrasi satu sama lain. Teks memiliki banyak pengaruh dan kekuatan besar untuk mendukung iklan tercetak guna meyakinkan konsumen akan beberapa produk tertentu. Selanjutnya, strategi yang paling banyak digunakan berdasarkan teori kreatif Frazer adalah brand image dan proposisi penjualan yang unik. Pengiklan mencoba untuk menunjukkan merek terkenal mereka dengan mendukung teks unik dan percaya bahwa produk mereka memiliki banyak keuntungan. Akhirnya, penelitian ini jauh lebih bermanfaat bagi mereka yang ingin tahu lebih banyak tentang cara iklannya bisa menarik konsumen. Ada beberapa cara untuk membuat iklan yang bagus dan salah satu strateginya adalah teks dan gambar harus berkorelasi satu sama lain untuk mengenalkan kepada konsumen untuk membeli produk. Selain itu, penelitian ini memberikan informasi tambahan bagi mereka yang berniat melakukan penelitian mengenai topik yang sama namun berbeda objek penelitian untuk mendapatkan hasil penelitian yang bervariasi.

Kata Kunci: teks, gambar, iklan cetak, dan semiotika

 

Abstract

The aim of this study is to find out the relation between text and images in printed advertisement and also to reveal the message  strategy between text and images in the printed advertisement. This study uses descriptive qualitative analysis since the data are not statistically analyzed and 14 printed advertisement are analyzed. The data of this study are picture and text which exist in the printed advertisement. In addition, documentation is also used to know that text and images in printed advertisement reveal the message strategy of advertisement. The findings of this study show that text and image have integrated each other. Text has much influence and big power to support the printed advertisement to convince the consumers of some particular product. Furthermore, the strategy which is used most based on Frazer’s creative theory is brand image and unique selling proposition. The advertisers is trying to show their famous brand by supporting the unique text and believe that their product have many advantages. Finally, this study has much beneficial for those who want to know more about the way the advertisements can attract the consumers. There are several ways to make a good advertisement and one of the strategy is text and image must correlate each other to introduce to the consumers to buy the product. Additionally, this research gives additional information for those who intend to conduct the research on the same topic but different object of the research to get varied result of the research.

Keywords: text, image, printed advertisements, and semiotic  

Published
2018-01-26
How to Cite
IVAN A. SUYANTO, M. (2018). The Relation Between Text and Image Used in Printed Advertisement Revealed on The Message of Advertising. LANGUAGE HORIZON, 6(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/language-horizon/article/view/22705