CONVERSATIONAL AND SCALAR IMPLICATURES IN ALLIANZ’S ADVERTISEMENTS

  • RR SILVIA PUTRI R

Abstract

Abstrak

Studi ini berkaitan dengan fenomena periklanan dan penggunaannya di berbagai media. Sebagai pembaca, orang-orang diharapkan untuk memenuhi makna yang ditunjukkan oleh perusahaan tertentu dengan menggunakan iklan. Tidak semua pembaca mengerti, tetapi mereka semua tahu esensi dari sebuah iklan adalah untuk membujuk mereka membeli produk atau bergabung dengan layanan tertentu yang ditawarkan. Data dari penelitian ini adalah iklan Allianz yang diterbitkan di negara-negara seperti Jerman. Penelitian penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teori implikatur dan maksim yang diajukan oleh Grice (1991). Bahwa Allianz menggunakan konteks untuk membangun pemahaman bersama dengan para pembaca juga merupakan cara untuk berkomunikasi secara efektif. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap jenis-jenis implikatur dalam iklan Allianz menurut pragmatik. Dari hasil tersebut, dapat ditemukan bahwa implikatur yang paling banyak diterapkan adalah percakapan, baik umum maupun khusus, dan juga skalar. Selain itu, fungsi iklan mencari perhatian dan membangun perasaan ketidaknyamanan para pembaca karena membujuk mereka membeli atau bergabung dengan apa yang ditawarkan Allianz yang terkait dengan tuntutan atau kebutuhan kehidupan sosial.

Kata kunci: pragmatik, implikatur, maksim, iklan.

Abstract

This study concerns on the phenomenon of advertising and the use of advertisements in any media. As the readers, people are expected to meet the meaning that a certain company points out by the use of advertisements. Not all of the readers understand, but they all know the essence of an advertisement is to persuade them buying any products or joining a certain service offered. The data of this study are Allianz’s advertisements which are published in countries like Germany as most. The research of this study is done by using the theory of implicatures and maxims proposed by Grice (1991). That Allianz uses context to build mutual understanding with the readers is also a way to communicate effectively. This study is done to reveal the types of implicatures in Allianz’s advertisements according to pragmatics. From the result, it can be found that the most implicatures applied is conversational, both generalized and particularized, and also scalar. Besides, the functions of the advertisements are seeking attention and building the feeling of insecurities of the readers due to persuading them buying or joining what Allianz has offered which is related to social life demands or needs.

Keywords: pragmatics, implicatures, maxims, advertisements.


Published
2018-07-31
How to Cite
SILVIA PUTRI R, R. (2018). CONVERSATIONAL AND SCALAR IMPLICATURES IN ALLIANZ’S ADVERTISEMENTS. LANGUAGE HORIZON, 6(1). https://doi.org/10.26740/lh.v6n1.p%p
Abstract Views: 134
PDF Downloads: 126