GAYA BICARA ORANG KULIT PUTIH KEPADA ORANG KULIT HITAM DAN SEBALIKNYA DALAM FILM "12 YEARS A SLAVE"

  • DENNY WAHYU SETYADJI

Abstract

Abstract

Speech style is a variation of speech which is used when people have a conversation with the others. In the middle of 18th century in America when people was divided by their skin color, white people with their privilege and black people who got a slavery system. In those era, white people and black people would have a variation of speech style being used. In this study the characters that being analysed werewhite people and Black people in the movie.They are the main focus in this study. Hence, the writer intends to analyse 1) What types of speech style are used by white people to black people characters and vice versa in 12 Years A Slave movie ?and 2) How does social context in the middle of 18th century in America influence speech style used in 12 Years A Slave movie?This study was conducted by using qualitative method and speech situation proposed by Dell Hymes where the setting and scene, participants, ends, act sequences, key, instrumentalities, norms of interaction and interpretation, and genre are considered to determine someone speech style. Then, the result gotten from this study shows that are 5 data of formal style, 37 data of consultative style, and 2 data of casual style. There are no frozen style and intimate style found in the “12 Years A Slave” movie. The majority of speech style that being used is consultative style.

Keywords : SpeechStyle, Social Context, White People, Black People,12 Years A Slave

Abstrak

Gaya bicara adalah variasi dari bicara yang di gunakan saat seseorang sedang berkomunikasi denga orang lain. Di pertengahan abad ke 18 di Amerika, ketika orang – orang di bedakan dari warna kulit mereka, orang kulit putih dengan kekuasaannya dan orang kulit hitam yang menjadi budak mereka. Di era tersebut, orang kulit putih dan juga orang kulit hitam pasti memiliki banyak variasi dalam gaya berbicara mereka yang merek gunakan. Dalam penelitian ini karakter yang akan di teliti adalah orang kulit putih dan orang kulit hitam yang ada di dalam film tersebut. Mereka adalah fokus utama dalam penelitian ini. Oleh sebab itu, penulis bertujuan untik menganalisis 1) apa tipe gaya berbicar yang orang kulit putih kepada orang kulit hitam dan sebaliknya di dalam film “12 Years a Slave”? dan 2) bagaimana konteks sosial di pertengahan abad ke 18 di Amerika dapat mempengaruhi gaya berbicara yang ada di dalam film “12 Years a Slave”?. Penelitian ini di lakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan situasi berbicara yang di kemukakan oleh Dell Hymes dimana setting dan scene, orang yang berpartisipasi, akhir dari komunikasi, tindakan yang di timbulkan, alat, norma berinteraksi dan interpretasi, dan genre merupakan hal yang di pertimbangkan untuk menentukan gaya berbicara seseorang. Dan hasil yang di dapatkan di dalam penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 5 data gaya formal, 37 data gaya konsultatif, dan 2 data gaya kasual. Gaya baku dan intim tidak di temukan di dalam film “12 Years a Slave”.

Kata Kunci : Gaya Bicara, Konteks Sosial , Orang Kulit Putih, Orang Kulit Hitam,12 Years A Slave






Published
2019-01-21
How to Cite
WAHYU SETYADJI, D. (2019). GAYA BICARA ORANG KULIT PUTIH KEPADA ORANG KULIT HITAM DAN SEBALIKNYA DALAM FILM "12 YEARS A SLAVE". LANGUAGE HORIZON, 6(1). https://doi.org/10.26740/lh.v6n1.p%p
Abstract Views: 166
PDF Downloads: 69