Swearword used by main character SHANNON MULLINS in "The Heat" movie

  • ADE RICKY SYAHRIL SAHPUTRA

Abstract

Abstrak

Kata umpatan sudah menjadi hal yang lumrah di kehidupan sehari-hari, hampir setiap hari dan setiap kejadian akan terdengar kata umpatan diucapkan. Dijaman yang sudah berkembang seperti sekarang ini mengumpat dan melontarkan kata makian sudah tidak lagi menjadi hal yang tabu di masyarakat umum terlebih dikalangan anak muda. Ini menjadikan kata umpatan menjadi hal yang menarik dalam ruang lingkup kebahasaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengklasifikasikan jenis-jenis dari kata umpatan dan tema nya yang diucapkan oleh karakter utama di dalam film “The heat”, dan juga mendeskripsikan alasan dari tujuan sang aktris dalam menggunakan bahasa umpatan, dan juga untuk mengetahui dasar kekuasaan/ wewenang yang membuat karakter utama melakukan umpatan di film ini. Penulis di dalam penelitian ini lebih fokus terhadap jenis, tema, tujuan, dan dasar kekuasaan yang membuat pemeran utama melakukan makian. Data yang telah dikumpulkan diambil dari skrip dialog dari karakter utama Shannon Mullins di dalam film “The Heat”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penulis menemukan 5 jenis ekspresi makian, 5 jenis tema, 2 jenis bentuk kesopanan, dan satu dasar kekuasaan yang digunakan dalam film ini. Kesimpulanya, penulis telah menemukan dan mengetahui jenis-jenis dan juga tema dari kata makian yang digunakan karakter utama dalam film “The Heat” dan juga mengetahui alasan dalam penggunaan kata makian dalam kehidupan sosial dan pekerjaannya; terlebih lagi penggunaan dasar kekuasaan dalam penggunaan kata makian tertentu terhadap seseorang.

Abstract

Nowadays swearing is not taboo anymore in public utterance especially for a teenager. It made swearword becomes one of the most interesting aspect in language. Swearing has some kind of meaning. Because of that, largely people have accepted swearword has a lot of variation. It is believed that swearword is one of the ways to show emotional expression and motive life since it is nearly impossible to strengthen emotional expression without using swearwords. The writer focuses on the types, theme, intensity and base power that construct the character in swearing. The aims of this study are to classify the types of swearword uttered by main character Shannon Mullins in “The Heat” movie and describe the reasons of the intensity of the speaker in stating the swearword, and what base power that makes her swearing in this movie. the result found that based on the theories served there are 5 types of swearword expression, 5 types of theme, 2 types of impoliteness view, and one type of base power. In conclusions The writer got knowing the types and the theme for each spoken swearword and the reason why the main character used certain swearword, and the base power that support the main character in stating swearword in her daily life.





Published
2019-07-30
How to Cite
RICKY SYAHRIL SAHPUTRA, A. (2019). Swearword used by main character SHANNON MULLINS in "The Heat" movie. LANGUAGE HORIZON, 7(1). https://doi.org/10.26740/lh.v7n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 109