HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS MENGGUNAKAN GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA SISWA DALAM  BAHASA JERMAN SISWA KELAS XII IPA 1 SMAN 1 DRIYOREJO

  • INDAH KURNIA PERMATASARI

Abstract

Salah satu aspek keterampilan berbahasa yang tergolong kompleks adalah keterampilan menulis. Kegiatan menulis yang biasa dilakukan oleh peserta didik salah satunya adalah membuat sebuah karangan sederhana. Berdasarkan hal ini,maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah hasil belajar kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas XII IPA 1 SMAN 1 DRIYOREJO menggunakan gambar seri ?.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif Metode deskriptif kuantitatif di dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar seri dengan tema Hobby. Sumber data penelitian ini adalah 28 siswa kelas XII IPA1 SMA Negeri 1 Driyorejo. Pada Pre – test menunjukkan terdapat 20 siswa dari jumlah siswa yang telah memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dan 8 siswa masih belum tuntas yang telah ditentukan sekolah untuk mata pelajaran bahasa Jerman, yaitu 75. Sedangkan rata – rata kelas pada hasil Pre – test yaitu sebesar 71 yang dikategorikan normal. Pada Post – test 1 ini 22 siswa telah memenuhi nilai KKM, dan pada Post-test 2 juga mengalami ketuntasan sebanyak 24 siswa telah memenuhi nilai KKM dan sebanyak 4 siswa belum  memenuhi nilai tuntas KKM. Adapun 14 siswa memiliki nilai tuntas diatas KKM, 10 siswa memiliki nilai tuntas mencapai KKM. Hasil Post – test menunjukkan bahwa keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman siswa kelas XII IPA 1 sudah cukup baik. Siswa dapat menyusun kalimat dengan baik dan memperhatikan penulisan abjad sudah membaik.

Berdasarkan hasil penelitian ini , maka model pembelajaran dengan menggunakan gambar seri ini dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran bahasa Jerman sebagai variasi latihan pada keterampilan menulis agar hasil belajar lebih baik dan siswa turut aktif dalam pembelajaran.

Kata kunci: hasil belajar, keterampilan menulis, gambar seri

Published
2015-07-01
How to Cite
KURNIA PERMATASARI, I. (2015). HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS MENGGUNAKAN GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA SISWA DALAM  BAHASA JERMAN SISWA KELAS XII IPA 1 SMAN 1 DRIYOREJO. LATERNE, 4(2). https://doi.org/10.26740/lat.v4n2.p%p
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 91