BUKU ‘’DAS DEUTSCHMOBIL’’ UNTUK KETERAMPILAN MENULIS

  • HOFIFAH

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh diberlakukannya kurikulum 2013, Dengan lahirnya kurikulum baru ini tentunya penilaian dan latihan terhadap peserta didik juga harus di sesuaikan dengan kurikulum 2013, Dengan ini rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ‘’ Bagaimana kesesuaian latihan keterampilan menulis dalam buku Das Deutschmobil untuk pembelajaran?’’. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesesuaian latihan soal keterampilan menulis bahasa jerman dengan kriteria soal yang baik dan juga dengan kurikulum 2013.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena penelitian ini mendeskripsikan kesesuaian soal keterampilan menulis bahasa jerman dengan kriteria soal yang baik dan juga dengan kurikulum 2013. Penelitian ini juga merupakan penelitian studi pustaka yang dilakukan dengan cara menghimpun data atau informasi dari buku-buku atau sumber-sumber yang berisi tentang teori. Teori-teori yang diperoleh dari buku dan website digunakan untuk membuat rubrik kriteria soal yang dijadikan sebagai acuan untuk menganalisis data. Selain itu juga dibuat kriteria-kriteria tugas untuk keterampilan menulis yang diperoleh dari indikator-indikator kurikulum 2013.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 3 latihan soal yang sudah dianalisis telah layak digunakan. Hal ini terlihat karens 3 latihan soal tersebut telah memenuhi rubrik kriteria soal yang diperoleh dari teori-teori pada bab II dan juga soal-soal tersebut sesuai dengan kurikulum 2013 dan kriteria tugasnya.

 

Kata Kunci          : Soal, Keterampilan Menulis

Published
2015-10-30
How to Cite
HOFIFAH,. (2015). BUKU ‘’DAS DEUTSCHMOBIL’’ UNTUK KETERAMPILAN MENULIS. LATERNE, 4(3). https://doi.org/10.26740/lat.v4n3.p%p
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 22