DIE ANWENDUNG DER LERNMETHODE PICTURE AND PICTURE IN DER SPRECHFERTIGKEIT AN DER SMAN 1 KAMAL

  • PUJI AYU LESTARI

Abstract

Kata Kunci : Penerapan model pembelajaran Picture and Picture, keterampilan berbicara

     Bahasa memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Seseorang dapat dikatakan mampu berbahasa apabila dirinya dapat berkomunikasi. Belajar bahasa jerman khususnya keterampilan Berbicara masih perlu menggunakan metode pembelajaran yang menarik. Selama ini pembelajaran yang terjadi masih berpusat pada Guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses penerapan model pembelajaran Picture and Picture dengan pendekatan Kostruktivisme pada keterampilan berbicara Bahasa Jerman kelas X SMAN 1 KAMAL.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses penerapan model pembelajaran  Picture and Picture  dalam pembelajaran Berbicara Bahasa Jerman kelas X SMAN 1 KAMAL? Sedangkan Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari  Cucu Suhana pada tahun 2014. Penelitian ini diambil selama 2 kali pertemuan dengan jumlah siswa dalam kelas 36 siswa, 19 laki-laki, 17 siswa perempuan. Teknik penganalisisan data berupa data observasi guru dan siswa.

Dari hasil analisis data lembar observasi Guru dan siswa dapat diketahui kemampuan siswa dalam memahami konsep materi, dalam pembelajaran Bahasa Jerman khususnya keterampilan Berbicara dan terlaksana dengan baik melalui penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture  dalam pembelajaran berbicara Bahasa Jerman kelas X SMAN 1 KAMAL. 

Published
2015-10-30
How to Cite
AYU LESTARI, P. (2015). DIE ANWENDUNG DER LERNMETHODE PICTURE AND PICTURE IN DER SPRECHFERTIGKEIT AN DER SMAN 1 KAMAL. LATERNE, 4(3). https://doi.org/10.26740/lat.v4n3.p%p
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 24