HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAHASA JERMAN DENGAN MEDIA VISUAL POSTER INFOGRAFIS PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 TAMAN

  • RAFLY ADITAMA S

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan dasar  yang  terdapat  dalam bahasa  Jerman. Pada keterampilan menulis biasanya  siswa  mengalami banyak kendala seperti bingung untuk mengawali sebuah tulisan , selain itu informasi yang terdapat dalam tulisan siswa kurang sesuai apa yang diharapkan oleh Guru atau pendidik. Media sarana untuk menyampaikan informasi dari pengajar kepada siswa . media yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah media visual. Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana hasil belajar keterampilan menulis bahasa Jerman melalui penggunaan media visual Poster  Infografis pada siswa kelas XI IBB  SMA N 1 Taman?”. Tujuan penelitian ini adalah menegetahui hasil belajar keterampilan menulis bahasa Jerman melalui penggunaan media visual Poster  Infografis pada siswa kelas XI IBB  SMA N 1 Taman Penelitian merupakan jenis penelitian kualitatif .Karena penelitian ini  menggambarkan atau mendeskripsikan hasil belajar siswa berupa tulisan. Pada tes pertama ,sebanyak 8 siswa mendapat nilai di bawah KKM (75) dan 12 siswa mendapat nilai diatas KKM (75). Rata rata kelas hasil tes siswa pada pertemuan pertama adalah 67,2. Pada tes kedua sebanyak 3 siswa nilainya berada di bawah KKM (75) dan 17 siswa mendapat nilai diatas KKM (75). Rata rata kelas hasil tes siswa pada pertemuan kedua adalah 83,1. Pada tes ketiga sebanyak 2 siswa nilainya berada di bawah KKM (75) dan 18 siswa mendapat nilai diatas KKM (75). Rata rata kelas hasil tes siswa pada pertemuan pertama adalah 84. Sehingga dapat disimpulkan bahwa setiap pertemuan, hasil belajar siswa  mengalami peningkatan. Hasil belajar dengan menerapkan media visual poster Infografis pada siswa kelas XI IBB SMAN 1 Taman dalam keterampilan menulis karangan deskripsi bahasa Jerman yang awalnya tidak baik menjadi lebih baik. Media visual poster infografis sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Jerman. Karena dengan penerapan media ini, secara tidak langsung kemampuan visual siswa lebih aktif selain itu siswa lebih mudah mengingat materi yang mereka peroleh.

Kata kunci: hasil belajar,keterampilan menulis, media visual poster infografis 

Published
2017-01-05
How to Cite
ADITAMA S, R. (2017). HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAHASA JERMAN DENGAN MEDIA VISUAL POSTER INFOGRAFIS PADA SISWA KELAS XI SMA N 1 TAMAN. LATERNE, 6(1). https://doi.org/10.26740/lat.v6n1.p%p
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 39