HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 1 SMA N 1 GEDANGAN DENGAN TEKNIK TAKE AND GIVE

  • SITI MARIA NUR ULUM
  • DWI IMROATU JULAIKAH

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan dasar yang terdapat dalam bahasa Jerman. Keterampilan menulis bukanlah sesuatu yang mudah, karena menulis membutuhkan penguasaan kosakata, tata bahasa, dan aturan dalam penulisan. Terdapat banyak teknik yang dipakai dalam pembelajaran bahasa Jerman. Salah satu teknik pembelajaran yang bisa dipakai dalam keterampilan menulis bahasa Jerman yaitu teknik take and give. Teknik Take and Give merupakan strategi pembelajaran yang didukung oleh penyajian data yang diawali dengan pemberian kartu kepada peserta didik (Huda, 2013: 242). Kartu tersebut terdapat informasi terkait tema, sehingga peserta didik dimudahkan dalam hal menulis. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu bagaimana hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menulis menggunakan teknik take and give. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Gedangan dengan menggunakan teknik take and give dalam keterampilan menulis dialog. Sumber data penelitian yaitu nilai hasil belajar keterampilan menulis dialog bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Gedangan. Peneliti melakukan penelitian sebanyak 3 kali pertemuan. Kemudian nilai peserta didik dideskripsikan. Pada pertemuan pertama terdapat 3 pasang (6 orang) peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM. Sedangkan 12 pasang (24 orang) lainnya mendapat nilai dibawah KKM. Pertemuan kedua terdapat 6 pasang (12 orang) memperoleh nilai diatas KKM (Kriteria Ketentuan Maksimal), sedangkan 8 pasang (16 orang) masih memperoleh nilai dibawah KKM. Pertemuan ketiga terdapat 12 pasang (24 peserta didik) mendapat nilai diatas KKM. Sedangkan 3 pasang lainnya (6 peserta didik) dinyatakan belum tuntas karena belum melampaui nilai KKM. Berdasarkan rata-rata hasil belajar peserta didik dari pertemuan pertama 74, pertemuan kedua 79 dan pertemuan ketiga 82 yang selalu mengalami peningkatan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa teknik take and give dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam keterampilan menulis dan juga dapat mengatasi kesulitan pembelajaran keterampilan menulis.

Kata kunci: Teknik take and give, Keterampilan Menulis, Hasil Belajar

Published
2019-02-15
How to Cite
MARIA NUR ULUM, S., & IMROATU JULAIKAH, D. (2019). HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 1 SMA N 1 GEDANGAN DENGAN TEKNIK TAKE AND GIVE. LATERNE, 8(1). https://doi.org/10.26740/lat.v8n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 40