HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI DENGAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE

  • NURIL KURNIAWATI

Abstract

ABSTRAK

HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI DENGAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE

Nama Mahasiswa : Nuril Kurniawati

NIM : 1500094001

Program Studi : Pendidikan Bahasa Jerman

Jurusan : Bahasa dan Sastra Jerman

Fakultas : Bahasa dan Seni

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Dwi Imroatu Julaikah, S.Pd., M.Pd.

Tahun : 2019

Membaca merupakan salah satu keterampilan dasar yang terdapat dalam bahasa Jerman. Keterampilan membaca bukanlah sesuatu yang mudah, karena membaca membutuhkan banyak kosakata yang harus dikuasai. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti, bahwa peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami teks bacaan bahasa Jerman yang disebabkan karena kurangnya kosakata yang dikuasai oleh peserta didik. Salah satu metode pembelajaran yang bisa dipakai dalam keterampilan membaca bahasa Jerman yaitu metode Total Physial Response. Metode Total Physial Response adalah metode pengajaran bahasa asing dengan mengembangkan pemahaman menyimak melalui serangkaian perintah dimana peserta didik merespon dengan aktivitas fisik (VeraSavic, 2014: 447).

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI dengan menggunakan metode Total Physical Response. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI dengan menggunakan metode Total Physical Response. Data dalam penelitian ini adalah nilai hasil tes keterampilan membaca peserta didik berupa skor nilai. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar untuk keterampilan membaca bahasa jerman peserta didik kelas XI dengan metode Total Physical Response mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan data nilai hasil tes peserta didik dari pertemuan pertama sampai pertemuan kedua. Ada 9 peserta didik yang mengalami peningkatan dengan nilai lebih dari KKM dan ada 4 peserta didik memperoleh nilai stabil dengan nilai lebih dari KKM, sedangkan 2 peserta didik mengalami penurunan nilai lalu 3 peserta didik lainnya hanya mendapatkan nilai dari salah satu pertemuan dalam penelitian skripsi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Total Physical Response dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI dalam keterampilan membaca bahasa Jerman.

Kata kunci : Metode Total Physical Response, keterampilan membaca, hasil belajar.


Published
2019-04-26
How to Cite
KURNIAWATI, N. (2019). HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI DENGAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE. LATERNE, 8(1). https://doi.org/10.26740/lat.v8n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 65