MEDIA KALENDER BERBASIS POWERPOINT UNTUK LATIHAN MENULIS KALIMAT BAHASA JERMAN SISWA KELAS XII SEMESTER 1

  • ANINDA CITRA AGUSTINA
  • FAHMI WAHYUNINGSIH

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bahasa Jerman dan analisis kebutuhan media di SMAN 12 Surabaya, didapatkan bahwa peserta didik kelas XII masih kesulitan dalam menulis kalimat bahasa Jerman. Selain itu, tidak adanya media pembelajaran yang mendukung menjadi salah satu faktor. Media kalender berbasis Powerpoint dibuat dengan harapan dapat digunakan untuk membantu meningkatkan minat belajar serta pemahaman peserta didik. Media kalender berbasis Powerpoint ini dibuat dan digunakan menggunakan aplikasi Powerpoint. Media ini berisi kumpulan soal latihan menulis yang disajikan secara interaktif, sehingga peserta didik dapat langsung menuliskan jawabannya di kolom jawaban yang tersedia. Materi yang dipilih dalam media ini yaitu pada subtema Tagesablauf. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan media menurut Sadiman, yang terdiri (1) analisis kebutuhan, (2) merumuskan tujuan pembelajaran, (3) merumuskan butir-butir materi, (4) mengembangkan alat ukur keberhasilan media, (5) menyusun draft media, (6) melakukan revisi media. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala tertutup yang diberikan kepada validator media. Validasi media dilakukan sebanyak 2 kali dengan hasil validasi media sebesar 95%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media kalender berbasis Powerpoint layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis kalimat bahasa Jerman.

Kata kunci : Media kalender berbasis Powerpoint, Keterampilan Menulis, Bahasa Jerman




Published
2019-05-24
How to Cite
CITRA AGUSTINA, A., & WAHYUNINGSIH, F. (2019). MEDIA KALENDER BERBASIS POWERPOINT UNTUK LATIHAN MENULIS KALIMAT BAHASA JERMAN SISWA KELAS XII SEMESTER 1. LATERNE, 8(1). https://doi.org/10.26740/lat.v8n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 168