PENGEMBANGAN MEDIA DOLAR DENGAN MATERI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA JERMAN SMA

  • NENI NURAENI

Abstract

Bahasa Jerman sebagai salah satu bahasa asing menjadi tuntutan pada era saat ini. Bahasa Jerman memegang peranan penting dalam memajukan pendidikan di era digital. Namun, pembelajaran bahasa Jerman yang ada di sekolah menengah masih terdapat permasalahan terkait kurangnya media dalam penguasaan dan pemahaman materi yang diajarkan kepada peserta didik dalam mempelajari bahasa Jerman terutama pembelajaran keterampilan menyimak. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk memasukkan materi pembelajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman melalui Media Dolar untuk SMA Kelas X semester 2. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pengembangan Punaji (2013) dan Sadiman (2012) dengan melalui tahapan-tahapan yaitu analisis kebutuhan peserta didik, merumuskan tujuan khusus, mengembangkan bahan atau materi, mengembangkan dan menyusun draft media. Pertama, analisis kebutuhan melalui angket hasinya menunjukkan 88,9% peserta didik membutuhkan media pembelajaran pendukung untuk melatih kemampuan dalam bahasa jerman khususnya keterampilan menyimak. Kedua, merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan KD.3.5 dan 4.5 dengan tema Gegenstände in der Schule. Ketiga, mengembangkan bahan atau materi dari buku Deutsch ist Einfach, Kontakte Deutsch, dan Studio D dihasilkan materi 18 Gegenstände in der Schule sesuai Redemittel, Ausdruck, dan Grammatik yang akan dimasukkan pada Media Dolar. Terakhir, meyusun draft media Dolar. Sehingga dari analisis tersebut menunjukkan bahwa media Dolar yang berisi materi Gegenstände in der Schule dapat digunakan dalam pembelajaran menyimak bahasa Jerman SMA.

Kata kunci : Pengembangan Materi Pembelajaran, Media Dolar. Keterampilan Menyimak.
Published
2019-12-12
How to Cite
NURAENI, N. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA DOLAR DENGAN MATERI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA JERMAN SMA. LATERNE, 8(2). https://doi.org/10.26740/lat.v8n2.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 95